Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 02:55 WIB | Minggu, 20 Oktober 2013

Pekan Mode Jakarta 2014 Dimulai

Pekan Mode Jakarta 2014 Dimulai
Peragaan busana karya Jeffry Tan. (Foto-foto: Jakarta Fashion Week 2014)
Pekan Mode Jakarta 2014 Dimulai
Rancangan Albert Yanuar.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perhelatan mode akbar, Jakarta Fashion Week 2014 (JFW, Pekan Mode Jakarta) secara resmi dibuka Sabtu (19/10) siang. Bertempat di Senayan City, Jakarta Selatan, mulai 19-25 Oktober, pencinta mode Indonesia dapat menyaksikan langsung ribuan busana yang menjadi acuan tren mode tahun depan. Penyelenggaraan JFW 2014 kian mendekatkan langkah Indonesia menuju cita-cita sebagai salah satu pusat mode di Asia.

JFW 2014 menampilkan karya dari 240 desainer dan label fashion, tujuh desainer internasional, serta 3.000 outfit yang dikenakan 350 model. Lebih dari 75 peragaan busana dilangsungkan di Fashion Tent dan Fashion Atrium, Senayan City.

Di pekan mode itu juga digelar program Buyers' Room yang mempertemukan para desainer terpilih dengan pembeli, lokal dan mancanegara. Pembeli yang hadir sejak Buyers' Room digelar pada 17 Oktober di The Hall, Senayan City, antara lain berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Uni Emirat Arab, Singapura, dan Italia.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini pembukaan JFW 2014 ditandai dengan menampilkan parade 31 desainer dan muse di panggung utama Fashion Tent. Tahun lalu, JFW menandai pembukaan dengan menampilkan desainer andalan Indonesia, Sebastian Gunawan, bersama desainer Korea Selatan Lie Sang Bong. Pada JFW 2012, pekan mode itu dibuka dengan menampilkan desainer lokal terkemuka Biyan Wanaatmadja dan desainer tamu, yakni Ashley Isham dari Singapura, Bernard Chandran dari Malaysia, serta Tube Gallery yang terdiri atas duo Saksit Pisalasupongs-Phisit Jongnarangsin dari Thailand.

Pameran busana selanjutnya di panggung peragaan sepanjang 34 meter itu, “The Opening Of Pasar Indonesia”, menghadirkan desainer muda, yaitu Eridani, Monday to Sunday, Milcah, NFRT, dan Vinora. Pasar Indonesia adalah pameran produk-produk mitra binaan Bank Mandiri dan digelar di Jakarta Fashion Week untuk memudahkan pencinta mode melihat langsung hasil karya pelaku industri kreatif dan memperluas akses pemasaran hasil produk.

Program Kolaborasi

Desainer binaan program Indonesia Fashion Forward, program kerja sama Jakarta Fashion Week, British Council, Centre for Fashion Entreprise, yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberi bekal desainer Indonesia memperluas sayapnya ke pasar dunia, meramaikan penyelenggaraan hari pertama.

Peragaan busana “Indonesia Fashion Forward 1”, menampilkan desainer kategori premium ready to wear, yaitu Friederich Herman, Jeffry Tan, dan Major Minor. Pada peragaan busana “Indonesia Fashion Forward 2”, ditampilkan desainer kategori busana muslim, yaitu Jenahara, Nur Zahra, dan Dian Pelangi.

Desainer Albert Yanuar, Toton, dan Yosafat Dwi Kurniawan, tampil memamerkan karya terbaiknya, kategori luxury ready to wear, di “Indonesia Fashion Forward 3”. Kemeriahan di panggung Fashion Tent pada hari pertama Jakarta Fashion Week 2014 ditutup dengan peragaan busana “Indonesia Fashion Forward 4”, menampilkan koleksi desainer kategori luxury ready to wear Tex Saverio.

Selain di Fashion Tent, seperti bisa dibaca di situs resmi Jakarta Fashion Week 2014, kemeriahan juga berlangsung di panggung Fashion Atrium. L'Oreal Professionnel berkolaborasi dengan Estetica Indonesia menampilkan hair and fashion show dan menggandeng desainer label Hunting Fields untuk mempertunjukkan karya terbaru bertema “Under The Sea”.

CLEO Fashion Awards 2013 menobatkan beberapa retail brand yang menjadi pilihan favorit pembaca dan editor majalah CLEO Indonesia, yang terbagi menjadi sepuluh kategori: The Most Stylish Denim, The Sexiest Shoes, The Trendiest Casual Wear, The Sultriest Cocktail Dresses, The Trendiest Work Wear, The Coolest Beach Wear, The Hippest Sunglasses, The 'IT' Watches, The Most Covetable Bags, dan The Most Favorite Accessories.

Cita Cinta Change-lebration mencuri perhatian pengunjung karena menampilkan 12 wanita yang mendapatkan beauty & style makeover dan berjalan di runway. Penampilan mereka dimeriahkan dengan fashion show model Jakarta Fashion Week 2014 yang memamerkan pakaian koleksi Argyle & Oxford, Avanava, dan (X) SML.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home