Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 22:57 WIB | Jumat, 14 Maret 2014

Anhar Gonggong: Jokowi Populer Karena Sederhana dan Tahu Keinginan Rakyat

Sejarawan Anhar Gonggong. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sejarawan Anhar Gonggong sebagai seorang pengamat menyebut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok yang punya daya tarik yang tinggi. Dia beralasan bahwa kesederhanaan Jokowi dalam berperilaku sejalan dengan keingingan rakyat.

“Saya sampai saat ini tetap berdiri sebagai pengamat dan tidak memberi dukungan kepada siapa-siapa. Saya ingin menyebutkan apa yang menyebabkan Jokowi itu punya daya tarik yang tinggi?” kata Anhar Gonggong dalam Diskusi Tokoh Muda di Pentas Politik 2014 di Gallery Café Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada Jum’at (14/3).

“Dia (Jokowi) datang pakaian sederhana, tidak dengan safari yang mentereng. Dia mampu menunjukkan mau melakukan perubahan. Contoh sederhana, sudah berapa puluh tahun orang mau menjadikan Tanah Abang supaya tidak macet dan gagal semua. Jokowi datang dan berhasil. Sebenarnya sederhana, yang mau dilihat rakyat adalah apa yang dilakukan. Jokowi sudah melakukan walaupun ketika dia jadi Presiden yang menggantikannya mau melakukan atau tidak itu persoalan lain?” kata Anhar.

Anhar juga memberikan pendapatnya terkait pencalonan Jokowi sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Menurutnya belum tentu Jokowi akan sesukses saat menjadi gubernur.

”Apakah nanti Jokowi akan berhasil sebagaimana dia berhasil jadi gubernur ketika menjadi presiden, itu masih tanda tanya. Tetapi itu daya tarik dia menurut saya,” kata Anhar.

Lelaki berdarah Bugis ini juga menambahkan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dibanding partai lain masih punya daya tarik. Karena di belakangnya ada pemikiran Soekarno dan sampai sekarang orang menjadikan Soekarno seorang pemikir besar. 

                

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home