Kain Kafan Turin Bukan Relikui Yesus Kristus
* Gereja mempersilakan umat secara pribadi untuk menilai. Secara resmi tidak menerima dan menolak Kain kafan Turin.
* Kain ini dahulu untuk meneguhkan kekuasaan raja-raja Eropa.
* Hitler terobsesi dengan kain ini.
LONDON, SATUHARAPAN.COM – Penelitian terbaru terhadap Kain Kafan Turin menegaskan bahwa kain itu bukan berasal dari abad pertama. Bahkan, kain ini diproduksi pada abad ke-14 sebagai properti untuk perayaan Paskah.
Ketika dipamerkan tahun depan di Turin, Italia untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, dua juta orang diperkirakan mengunjungi kota untuk menziarahi kain tenun panjang empat meter yang dipercaya sebagai kain kafan pembungkus tubuh Yesus Kristus setelah penyaliban-Nya. Uniknya, kain tersebut tercetak tubuh Yesus.
Terlepas dari kenyataan bahwa dari uji radiokarbon pada kain itu pada 1988, kain itu dibuat pada abad ke-14, berbagai teori terus akan disajikan untuk mendukung keasliannya—termasuk, tahun ini, ide dari para ilmuwan di Politecnico di Torino bahwa gempa bumi di AD 33 mungkin telah menyebabkan pelepasan neutron yang bertanggung jawab untuk pembentukan gambar di kain.
Tapi, menurut penelitian oleh pakar sejarah dan penulis berkebangsaan Inggris Charles Freeman, yang akan diterbitkan dalam jurnal History Today, akhir Oktober 2014, yang benar adalah bahwa kafan itu tidak hanya berasal dari abad pertengahan, seperti ditunjukkan hasil uji radiokarbon, tetapi itu mungkin telah diciptakan untuk ritual Paskah abad pertengahan.
Freeman, penulis Holy Bones, Holy Dust: How Relics Shaped the History of Medieval Europe, mempelajari deskripsi awal dan ilustrasi dari kain kafan. Tidak ada penyebutan tentang kain itu sebelum 1355, tahun kemunculannya pertama kali didokumentasikan pada sebuah kapel di Lirey dekat Troyes di Prancis. Kain itu kemudian diakuisisi oleh keluarga Savoy pada tahun 1453 dan “diubah menjadi relikui prestise” untuk menopang kekuasaan keluarga Savoy di Alpine.
Secara khusus, Freeman menyebut Antonio Tempesta, seorang seniman di wilayah kekuasaan Savoy, yang membuat gambar cermat dan terperinci yang ditampilkan pada kain bagi para peziarah pada 1613.
“Yang mengherankan,” tulisnya, “beberapa peneliti tampaknya telah memahami bahwa kafan itu tampak sangat berbeda di abad ke-16 dan ke-17 dari objek yang kita lihat sekarang.”
Lukisan Tempesta, serta sejumlah deskripsi abad tangan pertama pada abad ke-15 dan ke-16, menekankan fitur yang jauh lebih jelas sekarang—bahwa kain itu berlumuran darah dan ada tanda pencambukan, berkaitan dengan penyiksaan kepada Kristus. Ini tanda yang luas dapat secara eksplisit terkait, berpendapat Freeman, untuk fokus pada darah dalam penggambaran penyaliban yang muncul pada abad ke-14—sebuah perubahan “dramatis” dalam ikonografi yang tajam membedakan penggambaran Kristus yang disalibkan dari orang-orang dari abad-abad sebelumnya, dan yang mencerminkan ayat-ayat berdarah, terluka Kristus dilaporkan oleh mistikus seperti Julian dari Norwich di abad ke-14.
Tujuan asli dari kain kafan, berpendapat Freeman, mungkin sebagai penyangga dalam upacara era abad pertengahan yang berlangsung di Paskah—Quem quaeritis? atau “siapa yang kamu cari?”
“Pada pagi Paskah, kisah kebangkitan diceritakan ulang lagi dengan para rasul yang memasuki makam dan membawa keluar kain kafan untuk menunjukkan bahwa Kristus memang bangkit,” katanya. Ide Freeman itu ditopang oleh studi tentang ilustrasi awal kain kafan—pada lencana peziarah dari 1350-an ditemukan di Seine pada tahun 1855. Di atasnya, dua ulama mengangkat kain kafan, dan di bawah adalah kubur yang kosong.
Gereja secara resmi menganggap kafan itu dengan pikiran terbuka: sebagai objek yang harus dihormati sebagai pengingat penyaliban Kristus, bukan menekankan jejak fisik tubuhnya.
Tahun depan, jutaan peziarah akan berpendapat tidak setuju. Karena mereka beranggapan, seperti Freeman, menempatkan kain kafan itu sebagai kelahiran drama Eropa utara daripada kelahiran kekristenan. Mereka juga akan mengidentifikasi gambar di atasnya sebagai jejak dari lukisan abad ke-14 yang “mentah dan terbatas”.
Apa itu Kain Kafan Turin?
Kain kafan Turin adalah kain linen yang dipercaya orang telah membungkus tubuh Yesus Kristus. Kain ini telah memikat imajinasi sejarawan, kepala gereja, skeptis dan Katolik selama lebih dari 500 tahun.
Tidak ada catatan sejarah yang pasti tentang kain kafan sebelum abad ke-14. Meskipun ada banyak laporan dari kain kafan Yesus, atau gambar kepalanya, asal tidak diketahui, yang dihormati di berbagai lokasi sebelum abad ke-14.
Tetapi tidak ada bukti sejarah yang mengacu pada kain kafan yang kini disimpan di Katedral Turin. Kain kafan Turin oleh beberapa sejarawan dianggap sebagai Kain Kafan yang dimiliki oleh kaisar Bizantium yang hilang selama penyerbuan ke Konstantinopel oleh Kaum Seljuk pada tahun 1204.
Catatan sejarah tampaknya menunjukkan bahwa kain kafan terdapat gambar seorang pria disalibkan ada di kota kecil Lirey sekitar tahun 1353 sampai 1357. Saat itu dalam kepemilikan Ksatria Prancis, Geoffroi de Charny, yang meninggal di Pertempuran Poitiers di 1356.
Namun, kaitan kafan ini dengan kain kafan di Turin, dan sangat asal-usulnya telah diperdebatkan oleh para pakar. Ini terkait dengan klaim pemalsuan dikaitkan dengan seniman lahir abad terpisah. Beberapa berpendapat bahwa kain kafan Lirey adalah karya seorang pemalsu dan pembunuh.
Sejarah kain kafan dari abad ke-15 baik direkam. Pada 1532, kain kafan mengalami kerusakan akibat kebakaran di sebuah kapel Chambéry, ibukota wilayah Savoy, di mana ia disimpan.
Setetes cair perak dari relikui menghasilkan tanda simetris di lapisan kain dilipat. Biarawati Poor Clare berusaha untuk memperbaiki kerusakan ini dengan tambalan kain.
Pada 1578 Emmanuel Philibert, Duke of Savoy memerintahkan kain yang akan dibawa dari Chambéry ke Turin dan tetap di Turin sejak itu. Kain kafan telah memiliki banyak pengagum terkenal. Bahkan Adolf Hitler terobsesi mencurinya sehingga ia bisa menggunakannya dalam sebuah upacara ilmu hitam. Pada bulan Mei 2010, lima tahun setelah ia menjadi Paus, Benediktus memberi wewenang Katedral Turin untuk memperlihatkan Kain Kafan itu kepada masyarakat—yang pertama sejak tahun 2000. (guardian/dailymail)
Jerman Berduka, Lima Tewas dan 200 Terluka dalam Serangan di...
MAGDEBURG-JERMAN, SATUHARAPAN.COM-Warga Jerman pada hari Sabtu (21/12) berduka atas para korban sera...