Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 22:39 WIB | Minggu, 29 Desember 2013

Komunitas Ciliwung Mengajak Restorasi Sungai Lewat Ngariung Ciliwung

Sungai Ciliwung di Jakarta. (Foto: dari Wikipedia)

JAWA BARAT, SATUHARAPAN.COM – Komunitas Ciliwung mendorong dan mengajak masyarakat di sepanjang Ciliwung dan pemerintah daerah untuk mendukung restorasi ekosistem kawasan tengah dan hulu sungai Ciliwung di Jawa Barat. Salah satunya dengan kegiatan ‘Ngariung Ciliwung’ pada Minggu (29/12).

Kegiatan ngariung, berkumpul, dilakukan  di Kampung Glonggong, Desa Kedung Waringin, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

“Tidak mudah merestorasi sungai. Kita belum punya contoh. Untuk itu perlu dilakukan secara bersama-sama. Komunitas Ciliwung di berbagai titik telah memberikan contoh nyata dengan kegiatan-kegiatan yang unik untuk mendukung pemulihan sungai. Meski sifatnya sangat lokal namun kegiatan mereka dapat berdampak luas.  Ini potensi yang harus didukung.” Kata Koordinator Kegiatan Ngariung Ciliwung Muhamad Muslich.

Koordinator Kegiatan Ngariung Ciliwung Muhamad Muslich mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mempertemukan ide-ide lokal untuk mendukung restorasi Sungai Ciliwung.

Kehadiran dari pelbagai pihak seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Kementerian Lingkungan Hidup, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Citarum Ciliwung, pihak swasta, masyarakat luas, dan para wakil pemerintahan daerah menjadi penting dalam restorasi Sungai Ciliwung.

“Mulai tahun depan di 2014 kita bisa bersama-sama merestorasi Sungai Ciliwung. Indonesia butuh model pengelolaan sungai yang lebih baik.  Saya pikir para pemimpin kita perlu menularkan semangat pemulihan tersebut kepada masyarakat luas.” Kata Muslich.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home