Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:49 WIB | Selasa, 17 September 2024

40 Anak Asmat Kuliah di Unimuda Sorong

Bupati Asmat Elisa Kambu dan Rektor Unimuda pose bersama 40 mahasiswa asal Asmat di Kampus Unimuda Sorong, Papua Barat Daya, Senin (16/9/2024) (ANTARA)

SORONG, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan membiayai 40 anak Asmat untuk kuliah di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong guna memperkuat sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan.

Bupati Asmat Elisa Kambu dii Sorong, Senin (16/9), menjelaskan Pemerintah Asmat telah mengirim 40 anak daerah itu untuk mengikuti perkuliahan di Unimuda Sorong dengan sumber anggaran dari APBD kabupaten itu. 

"Ini tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Asmat," kata dia usai menyerahkan anak-anak Asmat ke Rektor Unimuda Sorong Rustamadji di Rektorat Kampus Unimuda Sorong.

Ini, kata dia, hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Asmat dengan Unimuda Sorong untuk mengakomodasi anak-anak Asmat supaya nantinya memperkuat kualitas pendidikan di Kabupaten Asmat. 

"Hasil kerja sama ini, kita sudah kuliahkan 20 anak Asmat di angkatan pertama, itu khusus di Pendidikan Guru PAUD," beber dia. 

Kemudian, angkatan kedua pada tahun ajaran 2024-2025 juga sebanyak 20 orang anak asli Asmat elah diserahkan ke Kampus Unimuda Sorong pada 16 September 2024, untuk mengambil sejumlah jurusan sesuai dengan kebutuhan di Kabupaten Asmat. 

"Jadi, sudah 40 anak asli Asmat yang kuliah di kampus ini," ujar dia. 

Bupati dua periode itu juga menyampaikan apresiasi kepada Kampus Unimuda Sorong, karena telah menjadi bagian penting untuk meningkatkan SDM kabupaten Asmat. 

"Walaupun nanti masa jabatan saya berakhir program ini saya pastikan akan terus dilanjutkan," ucap dia. 

Rektor Unimuda Sorong Rustamadji mendukung kebijakan strategis Bupati Asmat yang telah berupaya untuk meningkatkan SDM Kabupaten Asmat bersama dengan Kampus Unimuda Sorong.

"Kami siap dengan senang hati menerima anak-anak Asmat untuk kuliah di Unimuda Sorong," kata dia. 

Dia mengatakan setelah mengikuti jenjang kuliah, nanti mereka akan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) untuk menjadikan mereka lebih profesional, sehingga nantinya bisa mengabdi sebagai guru yang profesional demi peningkatan SDM di Kabupaten Asmat.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home