Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:26 WIB | Kamis, 24 September 2015

855 Petugas Kesehatan DKI Periksa Hewan Kurban

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (24/9). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Rabu, 23 September kemarin telah menerjunkan 855 petugas kesehatan untuk memeriksa kondisi hewan kurban di seluruh wilayah di ibu kota. Dari data yang diperoleh dari Korpri DKI, petugas ini merupakan tim gabungan dari berbagai institusi.

Sebanyak 480 orang petugas diterjunkan dari Suku Dinas Kelautan dan Pertanian,

300 orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), 50 dokter hewan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan 24 orang petugas dari Kementerian Pertanian.

Ratusan petugas ini telah memeriksa hewan kurban di 1.174  lokasi penampungan. Lokasi penampungan terdapat di lima kota dan satu kabupaten di DKI, dengan perincian jumlah hewan yang diperiksa adalah19.784 ekor sapi, yakni 52.558 ekor kambing, 4.604 ekor domba, 329 dan ekor kerbau.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pemerintah provinsi mendapat laporan jumlah hewan yang sakit dan tak cukup umur.

“Ada laporan yang sakit ringan 27 ekor, yang tidak cukup umur banyak, ada 50 ekor. Lalu yang anthrax tidak ada,” ujar Djarot di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (24/9).

Djarot memastikan, hewan-hewan tak cukup umur dan tak sehat ini telah dikembalikan pada penyumbang.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home