Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 18:13 WIB | Jumat, 18 Desember 2015

Andri: Kemenhub 2016 Program 1.000 Bus

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah. (Foto: Dok.satuharapan.com/Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah akan melakukan pendekatan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebab Kemenhub mempunyai program untuk 1.000 bus untuk tahun 2016.

“Dishubtrans akan melakukan pendekatan kepada Kemenhub karena dia punya program 1.000 bus, rencana kita dipinjami bukan berarti dihibahkan, karena operasionalnya itu tetap dilakukan oleh BUMN, karena biaya operasional dia tidak mungkin bisa tertutupi makanya dia mengajukan minta public service obligation (PSO) ke kita, prinsipnya pak Gubernur setuju karena ini untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” kata Andri saat ditemui di kantornya di Jalan Taman Jati Baru, Jakarta Pusat hari Rabu (16/12).

Untuk itu, kata Andri karena masyarakat menginginkan bus-bus peremajaan, nantinya jika bus baru datang tahun 2016 yang lama-lama akan dikandangi yang sudah tidak laik jalan.

“Nah nanti bus sudah datang, yang tidak laik jalan sikat semua, bus tidak sesuai ketentuan kita kandangi semua kita lakukan peremajaan, kalau gak salah itu akhir tahun akan penambahan dari Kementerian,” kata dia.

Selain itu, kata Andri Dishubtrans sudah menyiapkan (Feeder) sebagai bus pengumpan untuk beberapa koridor saat ini.

“Saat ini baru koridor  4-5-6, sekitar 200 ditambah lagi 120 kita lihat line ofnya untuk ditempatkan di koridor-koridor mana saja, nah itu, besok tanggal 22 akan luncurkan launching parkir timur Senayan,” kata dia.

Selain itu, kata Andri kalau berbicara masalah line of Dishubtrans harus menyiapkan 1.200 bus, itu line ofnya transjakarta.

“Kalau bicara masalah line of, kita harus menyiapkan bus itu 1.200 bus, itu line of transjakarta nih dia sama level articulated bus, nah upama bukan articulated bus. 2 kali lipst jadi, 2. 400 bus sedangkan di sini, baru bisa menyiapkan 600 bus, itu juga tidak semua operasi nah oleh karena itu untuk menutupi itu transjakarta yang jawab, dia yang beli, dan berapa dia beli,” kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home