Loading...
SAINS
Penulis: Melki 06:55 WIB | Jumat, 05 Juli 2024

Arief Kartasasmita Jabat Rektor Unpad

Rektor Unpad terpilih Arief S Kartasasmita berbicara dalam Konferensi pers pengumuman rektor terpilih Universitas Padjadjaran di Hotel Pullman, Bandung, Kamis (4/7/2024). (ANTARA)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjajaran menetapkan Prof Arief S Kartasasmita sebagai Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) masa jabatan 2024-2029 dengan ditargetkan kinerja meningkatkan peringkat universitas sampai soal pendapatan.

Ketua MWA Unpad Prof Arief Yahya mengungkapkan keputusan itu berdasarkan musyawarah mufakat 15 anggota MWA pada rapat pleno tertutup, Kamis (4/7) dengan agenda sesi wawancara terhadap Arief, Prof Popy Rufaidah dan Prof Setiawan, terkait tiga target utama Unpad periode 2024-2029.

"Telah dilakukan proses pemilihan rektor, terpilih yang terbaik, kita bisa musyawarah dan mufakat 100 persen dari 15 anggota MWA yang hadir memilih Prof Arief," kata Yahya di Bandung, Kamis (4/7).

Dengan terpilihnya Arief sebagai Rektor Unpad menggantikan Rina Indiastuti, tambah Yahya, Guru Besar Fakultas Kedokteran itu diharapkan bisa menjalankan tugasnya untuk mencapai target Unpad dalam lima tahun.

Yahya menerangkan tiga target yang harus dipenuhi Arief sebagai rektor terpilih adalah pertama bisa membawa Unpad sebagai kampus yang berada di peringkat 300 dunia, kedua harus meningkatkan pendapatan Unpad dari Rp1,5 triliun menjadi Rp3 triliun, dan kesejahteraan pegawai dengan remunerasi mencapai 120 persen dari market base (industri).

"Lima tahun ke depan kita harapkan target Unpad tercapai," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Arief S Kartasasmita mengungkapkan dirinya masih punya waktu tiga bulan sebelum pelantikan, untuk berkoordinasi dan mematangkan program-program yang telah disusun sebelumnya demi memajukan Unpad.

"Ini bukan untuk saya tapi untuk Unpad. Untuk masa tiga bulan ke depan saya harus menuntaskan pekerjaan saya membantu Bu Rektor dan saya akan banyak berkoordinasi dengan MWA agar Unpad bisa berjalan seperti yang diharapkan," ujarnya.

Target yang ada, kata Arief, bukanlah hal yang mudah, terlebih para rektor Unpad sebelumnya adalah orang luar biasa.

"Selama ini Rektor Unpad hebat. Ini bukan tantangan mudah, tentu dengan MWA, dosen tenaga pendidik, mahasiswa dan berbagai pihak lainnya akan bisa. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, saya tidak akan menyia-nyiakannya," tutur dia.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P3R) Unpad Nadjib Riphat Kesoema menerangkan bahwa setelah terpilih, rektor baru Unpad akan dilantik pada 7 Oktober 2024 mendatang di Kampus Dipatiukur.

"Pada tahap berikutnya, rektor terpilih akan dilakukan pelantikan sebagai Rektor Unpad 2024-2029 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2024 di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad di Jl Dipatiukur Bandung," kata Nadjib.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home