Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:19 WIB | Rabu, 22 November 2023

AS Berharap Gencatan Senjata di Gaza Jadi Jeda Total Pertempuran Israel-Lebanon

Asap mengepul menyusul penembakan artileri Israel di pinggiran desa Kfarshuba, di sepanjang perbatasan selatan Lebanon dengan Israel utara pada 16 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas di Jalur Gaza. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, berharap gencatan senjata di Gaza akan mengarah pada “jeda total” dalam pertempuran di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon, kata seorang pejabat senior AS pada hai Selasa (21/11) malam.

“Kami juga berharap bahwa ini (gencatan senjata empat hari yang disepakati antara Israel dan Hamas) akan mengarah pada penghentian total beberapa permusuhan di utara, di perbatasan Lebanon,” kata pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya.

Sebelumnya diumumkan bahwa Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata selama empat hari yang akan membuat kelompok Palestina membebaskan puluhan sandera yang disandera pada 7 Oktober, kedua belah pihak mengumumkan pada Rabu (22/11).

Kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui perjanjian tersebut setelah pertemuan hampir sepanjang malam, di mana ia mengatakan kepada para menterinya bahwa ini adalah “keputusan yang sulit namun merupakan keputusan yang tepat.”

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan kepada AFP bahwa berdasarkan perjanjian tersebut, setidaknya 50 sandera Israel dan asing akan dibebaskan, perempuan dan anak-anak, sebagai imbalan atas “jeda” operasi militer selama empat hari. (AFP/ ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home