Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:59 WIB | Minggu, 18 Desember 2016

AS Gandakan Hadiah untuk Informasi Baghdadi

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. (Foto: VOA/AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat meningkatkan hadiah lebih dari dua kali lipat menjadi 25 juta dolar untuk informasi yang dapat mengarah pada penangkapan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Hadiah bagi Keadilan, program Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan peningkatan hadiah itu hari Jumat (16/12) dari 10 juta dolar, dengan mengatakan, ancaman oleh Baghdadi telah meningkat secara signifikan dalam tahun-tahun belakangan ini.

Dikutip dari Voice of America, hadiah itu akan diberikan kepada siapapun yang dapat memberikan ínformasi yang menjurus kepada "tempat, penangkapan atau pengadilan” terhadap tokoh militan itu.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, “Di bawah al-Baghdadi, ISIS bertanggung-jawab atas kematian ribuan warga sipil di Timur Tengah, termasuk pembunuhan brutal sejumlah sandera sipil dari Jepang, Inggris, dan Amerika,”

Dikatakan, ISIS juga telah “memungkinkan atau mengarahkan serangan-serangan teroris sampai di luar batas- batas kekhalifahan yang dinyatakannya sendiri.”

Baghdadi menyatakan diri sebagai pemimpin kalifah Muslim dua tahun lalu. Dia biasanya bersikap tidak menonjolkan diri, tetapi bulan lalu dia mengumumkan pesan audio yang mendesak para pendukungnya agar mempertahankan kota Mosul di Irak, yang dikuasai ISIS.

Tempat keberadaan Baghdadi tidak diketahui, tetapi sebagian orang yakin dia mungkin di Mosul atau wilayah di luar kota itu, dekat perbatasan dengan Suriah.

Para pejabat yakin bahwa serangan koalisi militer terhadap Mosul menyebabkan Baghdadi atau para pejabat tingginya terus bergerak berpindah-pindah, supaya jangan diketahui di mana ia berada.

Baghdadi dilaporkan berkali-kali bahwa ia menderita cedera ataupun tewas, tetapi laporan-laporan itu tidak pernah terbukti.

Dalam pernyataan yang diumumkan kepada media awal Juli 2014, Baghdadi secara luas mengutuk Barat dan memanggil semua umat Muslim, khususnya mereka yang mempunyai pengalaman di bidang militer, medis, administrasi dan pelayanan masyarakat, agar beremigrasi ke kalifahan itu dan “mengangkat senjata …. bertempur, dan terus bertempur."  (VOA)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home