Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:08 WIB | Rabu, 23 Agustus 2023

Badai Tropis Hilarry Menerjang California, AS Mengakibatkan Bajir di Banyak Wilayah

Kendaraan melintasi cekungan pengendali banjir yang hampir mencapai jalan, pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, di Palm Desert, California. Peramal cuaca mengatakan Badai Tropis Hilary adalah badai tropis pertama yang menerjang California Selatan dalam 84 tahun, membawa potensi banjir bandang, tanah longsor, tornado terisolasi, angin kencang dan pemadaman listrik. (Foto: AP/Mark J. Terrill)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Badai Tropis Hilary menimbulkan banjir di California Selatan dari pantai ke pedalaman pegunungan dan gurun pada hari Minggu (20/8) malam, mendorong penyelamatan dari sungai yang meluap dan memaksa beberapa sekolah di idstrik terbesar di negara itu untuk membatalkan kelas pada hari Senin (22/8). Jutaan bersiap menghadapi lebih banyak banjir dan tanah longsor, bahkan saat badai mulai melemah.

Badai tropis pertama yang melanda California Selatan dalam 84 tahun, Hilary menurunkan hujan rata-rata lebih dari setengah tahun di beberapa daerah pegunungan dan gurun, termasuk kota resor gurun Palm Springs, yang mengalami hujan hampir tiga inci pada Minggu malam.

Peramal cuaca memperingatkan banjir bandang yang berbahaya di Los Angeles dan Ventura County, dan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan 13 orang dari air setinggi lutut di perkemahan tunawisma di sepanjang Sungai San Diego yang naik.

Sementara itu, hujan dan puing-puing menghanyutkan beberapa jalan raya dan orang-orang membiarkan mobil mereka terdampar di genangan air. Para kru memompa air banjir keluar dari ruang gawat darurat di Eisenhower Medical Center di Rancho Mirage.

Badai menghantam California setelah mendarat di Semenanjung Baja California yang gersang di Meksiko pada hari Minggu di daerah berpenduduk jarang sekitar 250 kilometer selatan Ensenada. Itu kemudian bergerak melalui Tijuana yang rawan longsor, mengancam rumah-rumah improvisasi yang menempel di lereng bukit tepat di selatan perbatasan AS.

Badai diproyeksikan akan melemah saat terus bergerak ke utara melewati California dan masuk ke Nevada, tetapi ancaman tetap ada. Richard Pasch, spesialis badai di National Hurricane Center, mengatakan badai itu akan menjadi "siklon pasca-tropis" pada hari Senin karena kehilangan pusat badai yang jelas, tetapi hujan "sangat deras" dan angin kencang masih mungkin terjadi.

California Selatan juga mendapat kejutan lain di sore hari saat gempa dengan kekuatan awal 5,1 melanda di dekat Ojai, sekitar 80 mil (130 km) barat laut pusat kota Los Angeles, menurut Survei Geologi AS. Itu dirasakan secara luas dan diikuti oleh gempa susulan yang lebih kecil. Tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau cedera besar, menurut seorang operator di Kantor Sheriff Kabupaten Ventura.

Pada September 1939, badai tropis yang menderu ke California menghancurkan rel kereta api, merobek rumah dari fondasinya dan membalikkan banyak perahu, menewaskan hampir 100 orang di darat dan di laut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home