Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Jumat, 20 September 2024

Bagaimana Sebidang Tanah di Perbatasan Gaza dan Mesir Jadi Hambatan Gencatan Senjata

Bendera Palestina terlihat dengan latar belakang sebagian tembok di koridor Philadelphia antara Mesir dan Gaza, di latar belakang, dekat kota Rafah di Jalur Gaza selatan, hari Minggu, 1 Juli 2007. (Foto: dok. AP)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Sebidang tanah semak belukar dan bukit pasir sempit di sisi Gaza yang berbatasan dengan Mesir telah muncul sebagai hambatan utama dalam perundingan yang bertujuan untuk menghentikan perang Israel-Hamas dan membebaskan sejumlah sandera.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan Israel harus mempertahankan kendali atas apa yang disebut koridor Philadelphia untuk mencegah Hamas mengisi kembali persenjataannya melalui terowongan penyelundupan di bawah perbatasan.

Ia mengatakan hal itu diperlukan untuk memastikan kelompok itu tidak akan pernah lagi melancarkan serangan ke Israel seperti yang terjadi pada 7 Oktober yang memicu perang.

Namun, media Israel mengutip pernyataan pejabat militer yang mengatakan bahwa terowongan apa pun ke negara tetangga Mesir telah ditutup dari sisi Mesir selama bertahun-tahun sebelum perang, sehingga penyelundupan melalui terowongan itu tidak mungkin dilakukan.

Banyak warga Israel, termasuk menteri pertahanan, mengatakan Israel harus melepaskan koridor tersebut, setidaknya untuk waktu yang singkat, guna mengamankan kesepakatan untuk membawa kembali sekitar 100 sandera yang masih ditawan di Gaza, sekitar sepertiganya diyakini telah meninggal.

Perdebatan mencapai puncaknya pada awal September setelah Israel menemukan kembali jenazah enam sandera yang menurut militer dibunuh Hamas saat pasukan mendekat. Para kritikus mengatakan mereka dapat dikembalikan hidup-hidup dalam kesepakatan gencatan senjata dan menuduh Netanyahu menyabotase perundingan untuk kepentingan politiknya sendiri.

Hamas telah menuntut penarikan penuh dari Gaza dan mengatakan Netanyahu hanya mengajukan tuntutan untuk koridor Philadelphia dalam beberapa minggu terakhir untuk menggagalkan perundingan.

Netanyahu menyalahkan Hamas atas tidak adanya kesepakatan dan mengatakan tuntutan itu bukanlah hal baru.

Mesir, yang telah bertindak sebagai mediator utama, juga menentang kehadiran Israel di sepanjang sisi Gaza dari perbatasannya dan mengatakan hal itu akan mengancam perjanjian damai yang telah berlangsung puluhan tahun antara kedua negara, yang merupakan landasan stabilitas regional.

Apa itu koridor Philadelphia dan mengapa Israel menginginkannya?

Koridor Philadelphia adalah jalur kosong — hanya selebar 100 meter di beberapa tempat — yang membentang sepanjang 14 kilometer (8,6 mil) dari sisi Gaza di perbatasan dengan Mesir. Koridor tersebut mencakup penyeberangan Rafah, yang merupakan satu-satunya jalan keluar Gaza ke dunia luar yang tidak dikendalikan oleh Israel hingga tentara merebut seluruh koridor tersebut pada bulan Mei.

Pada konferensi pers tanggal 2 September, Netanyahu mengatakan Hamas telah menggunakan terowongan di bawah perbatasan untuk mengimpor senjata, yang memungkinkannya membangun mesin militer yang dikerahkannya pada tanggal 7 Oktober.

Ia mengatakan penyelundupan di bawah koridor tersebut menyediakan "oksigen" bagi Hamas.

Namun, kantor berita Israel, Haaretz, mengutip pernyataan pejabat militer pekan ini yang mengatakan bahwa kecil kemungkinan terowongan tersebut telah digunakan selama bertahun-tahun. Dilaporkan bahwa pasukan Israel telah menemukan sembilan terowongan yang membentang di bawah koridor Philadelphia, semuanya ditutup dari sisi Mesir sejak Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi berkuasa pada tahun 2013 dan meluncurkan kampanye untuk menghancurkan terowongan.

Dikatakan bahwa tentara yakin sebagian besar senjata di Gaza diproduksi secara lokal, menggunakan beberapa bahan yang diselundupkan melalui penyeberangan Rafah dan penyeberangan Kerem Shalom di dekatnya, yang dikendalikan oleh Israel.

Mesir membantah tuduhan Netanyahu, dengan mengatakan bahwa mereka telah menghancurkan ratusan terowongan di sisi perbatasannya bertahun-tahun yang lalu dan mendirikan zona penyangga militer sendiri yang mencegah penyelundupan.

Apa yang dikatakan kritikus Netanyahu tentang koridor tersebut?

Selama beberapa pekan, media Israel telah mengutip pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya yang mengecam Netanyahu, dengan mengatakan bahwa koridor tersebut tidak penting bagi keamanan Israel dan seharusnya tidak menghalangi kesepakatan untuk memulangkan sandera. Beberapa orang menyarankan pasukan internasional dapat berpatroli di perbatasan, mungkin dengan sensor jarak jauh Israel.

Perselisihan tersebut memicu adu mulut dalam rapat Kabinet Keamanan pada akhir Agustus, di mana Menteri Pertahanan, Yoav Gallant, menuduh Netanyahu lebih mengutamakan pengaturan perbatasan daripada nyawa para sandera, menurut seorang pejabat Israel yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas rapat tertutup tersebut.

Gallant adalah satu-satunya suara yang tidak setuju dalam pemungutan suara berikutnya yang mendukung mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia dan sejak itu meminta pemerintah untuk membatalkannya.

Keluarga para sandera telah memimpin protes massal selama berbulan-bulan yang meminta Netanyahu untuk membuat kesepakatan dengan Hamas untuk mengembalikan orang-orang yang mereka cintai. Pembunuhan enam sandera, termasuk warga Israel-Amerika Hersh Goldberg-Polin, memicu beberapa aksi protes terbesar yang pernah ada.

Netanyahu menyatakan bahwa hanya tekanan militer yang tak henti-hentinya yang dapat mengalahkan Hamas, mengembalikan para sandera, dan mewujudkan kesepakatan yang menjamin keamanan Israel.

Apa kata warga Palestina tentang koridor tersebut?

Setiap kehadiran Israel di Gaza akan secara luas dianggap sebagai pendudukan militer, yang kemungkinan akan memperpanjang konflik.

Hal itu dapat juga memperpanjang, mungkin tanpa batas waktu, penutupan penyeberangan Rafah, yang telah menjadi jalur penyelamat bagi Gaza sejak Mesir dan Israel mulai memberlakukan berbagai tingkat blokade di wilayah tersebut setelah Hamas merebut kekuasaan dari pasukan Palestina yang bersaing pada tahun 2007.

Selama 16 tahun, itu adalah satu-satunya cara bagi sebagian besar warga Palestina untuk keluar atau masuk ke Gaza. Selama tujuh bulan pertama perang, itu juga merupakan satu-satunya rute yang tersedia untuk evakuasi medis dan titik masuk utama untuk bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

Israel merebut Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem timur dalam perang Timur Tengah 1967, wilayah yang diinginkan Palestina untuk negara mereka sendiri. Israel menarik tentara dan pemukim dari Gaza pada tahun 2005 tetapi terus mengendalikan wilayah udara, garis pantai, dan semua penyeberangan perbatasannya kecuali Rafah.

Hamas dengan tegas menolak kehadiran Israel di Gaza, termasuk di koridor Philadelphia dan koridor Netzarim, zona yang dibentuk oleh Israel yang memisahkan Gaza utara dari selatan. Israel mengatakan mereka membutuhkan koridor itu untuk menggeledah warga Palestina yang kembali ke rumah mereka di utara agar militan tidak menyelinap masuk.

Israel membantah bahwa tuntutannya terkait dua koridor itu baru, dan menyebutnya sebagai "klarifikasi" dari proposal sebelumnya yang didukung oleh Presiden AS, Joe Biden, dalam pidatonya pada tanggal 31 Mei dan oleh Dewan Keamanan PBB.

Israel juga menuduh Hamas mengajukan tuntutan yang tidak dapat diterima sejak saat itu dan mengatakan kelompok militan itu menghalangi kesepakatan, termasuk dengan membunuh sandera yang akan menjadi bagian dari kesepakatan itu.

Bagaimana Posisi para Mediator?

Garis besar awal Biden untuk gencatan senjata mengacu pada penarikan penuh Israel. Pejabat Mesir dan Hamas mengatakan tuntutan terkait koridor itu tidak dimasukkan dalam versi proposal berikutnya, termasuk yang Hamas katakan telah diterima pada awal Juli.

Mesir sangat menentang kehadiran militer Israel di sepanjang perbatasan Gaza dan telah menolak untuk membuka kembali sisi perbatasan Rafah kecuali sisi Gaza dikembalikan ke kendali Palestina.

Israel dituduh melanggar ketentuan perjanjian damai penting tahun 1979 yang mengatur pengerahan pasukan di sepanjang perbatasan. Pejabat Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Amerika Serikat, yang memberikan dukungan militer penting kepada Israel sekaligus bertindak sebagai mediator, belum mengambil sikap publik terkait koridor tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home