Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:12 WIB | Minggu, 13 Agustus 2023

Bagian Masjid Tua di Negeria Runtuh, Tujuh Jemaat Tewas

Warga menyaksikan bagian masjid pusat Zaria yang runtuh. (Foto: Ist)

ABUJA-NIGERIA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah bagian dari sebuah masjid runtuh ketika ratusan orang berada di dalam untuk shlat Jumat (11/8), dan tujuh jemaah tewas, kata pihak berwenang di negara bagian Kaduna, Nigeria barat laut.

Masjid Pusat Zaria berada di Zaria, yang merupakan salah satu kota terbesar di Nigeria utara.

"Dua puluh tiga orang terkena dampak dan dievakuasi ke rumah sakit oleh petugas pemadam kebakaran kami," kata Badan Manajemen Darurat negara. Pejabat negara mengatakan masjid itu dibangun pada tahun 1830-an.

Video yang tampaknya terekam di tempat kejadian menunjukkan bukaan lebar di mana sebagian atap runtuh. Para korban dimakamkan sementara doa diadakan untuk mereka di masjid.

Gubernur Kaduna, Uba Sani, memerintahkan penyelidikan segera atas bencana tersebut dan berjanji untuk membantu mereka yang terkena dampak "insiden memilukan". Petugasnya mengatakan tim pendahulu sudah ada di Zaria.

Runtuhnya masjid terjadi setelah lebih dari selusin kegagalan bangunan di negara Afrika Barat itu pada tahun lalu. Pihak berwenang sering menyalahkan bencana tersebut pada kegagalan pejabat untuk menegakkan peraturan keselamatan bangunan dan pemeliharaan yang buruk. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home