Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Rabu, 15 November 2023

Banjir Bandang di Satu Desa Aceh Tenggara, 50 Desa Lain Terdampak Banjir

Banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, pada hari Senin (13/11) merusak sejumlah infrastruktur dan menyebabkan seorang balita tewas. (Foto: BPBD Kabupaten Aceh Tenggara)

ACEH, SATUHARAPAN.COM-Banjir bandang terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, pada hari Senin (13/11) malam. Peristiwa ini mengakibatkan satu balita meninggal dunia terseret arus banjir. Dua orang warga lainnya mengalami luka.

Peristiwa banjir bandang tersebut menerjang Desa Pasir Panjang, Kecamatan Semadam. Sedangkan wilayah lainnya mengalami banjir setelah hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah Aceh Tenggara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan hujan mulai turun sejak pukul 19:00 WIB. Hujan lebat berdurasi lama itu mengakibatkan debit air Sungai Lawe Kinga, Sungai Pasar Puntung, Sungai Lawe Alas, Sungai Lawe Bulan dan Sungai Gunung Malas Bukit Baru meluap ke pemukiman warga sekitar pukul 22:00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara bersama tim gabungan terus melakukan pendataan jumlah korban terdampak. Banjir menyebabkan kerusakan pada rumah warga antara lain tiga unit rumah warga rusak berat, satu unit rumah rusak sedang, dan satu unit lainnya rusak ringan.

Banjir juga merusak sejumlah infrastruktur di Kabupaten Aceh Tenggara. Tercatat tiga jembatan mengalami sumbatan yaitu di Desa Kuning (Kecamatan Bambel), Desa Pasir Puntung (Kecamatan Semadam), dan Desa Bukit Baru (Kecamatan Ketambe). Oprit Jembatan Desa Mbarung di Kecamatan Babussalam dilaporkan jebol dan ambruk.

Jembatan titi gantung di Desa Mendabe mengalami rusak berat. Banjir juga menyebabkan tanggul Lawe Kisam di Desa Biak Muli baru jebol. Saluran irigasi Lawe Ski di Desa Peseluk Pesimbe Kecamatan Deleng Pokhkison rusak berat.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Tenggara pada BNPB pada hari Selasa (14/11), baru jalan nasional Kutacane-Medan di Desa Kuning yang sudah bisa dilalui.

Jalan nasional di Desa Pasir Puntung, Kecamatan Semadam dan jalan nasional di Desa Bukit Baru, Kecamatan Ketambe masih terendam lumpur dan belum bisa dilalui. Sebanyak 50 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara terdampak banjir.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home