Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:32 WIB | Senin, 30 September 2024

Banjir di Kathmandu, Ibu Kota Nepal, 104 Orang Tewas

Banjir di Kathmandu, Ibu Kota Nepal, 104 Orang Tewas
Foto udara lembah Kathmandu ini, Sungai Bagmati terlihat banjir akibat hujan lebat di Kathmandu, Nepal, hari Sabtu, 28 September 2024. (Foto: AP/Gopen Rai)
Banjir di Kathmandu, Ibu Kota Nepal, 104 Orang Tewas
Seorang pria membawa karung tepung mengarungi banjir setelah Sungai Bagmati meluap menyusul hujan lebat di Kathmandu pada 28 September 2024. (Foto: AFP)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM-Banjir yang disebabkan oleh hujan terus-menerus telah menewaskan sedikitnya 104 orang di Kathmandu, ibu kota Nepal, dan 12 lainnya hilang, kata kementerian dalam negeri pada hari Minggu (28/9).

Hujan deras sejak hari Jumat (27/9) malam dan diperkirakan akan terus berlanjut selama akhir pekan. Tujuh belas orang juga terluka sementara 1.053 orang diselamatkan di seluruh Kathmandu, menurut juru bicara Kepolisian Nepal, Bishwo Adhikari.

Ia mengatakan semua personel polisi di seluruh negeri telah diperintahkan untuk membantu upaya penyelamatan.

Pemerintah telah mengeluarkan peringatan banjir di seluruh negara Himalaya itu dengan peringatan hujan lebat.

Bus dilarang bepergian pada malam hari di jalan raya dan mobil dilarang di jalan raya. Pasukan keamanan diperintahkan untuk waspada tinggi.

Menteri Dalam Negeri, Ramesh Lekhak, mengatakan kepada wartawan bahwa ada laporan kerusakan di bagian lain negara itu, dan para pejabat masih mengumpulkan informasi.

"Prioritas pemerintah saat ini adalah menyelamatkan masyarakat dan membantu mereka yang terkena dampak," kata Lekhak.

Sebagian wilayah Kathmandu terendam oleh sungai yang meluap, banyak rumah terendam dan penduduk terpaksa pindah ke lantai atas. Sebagian besar wilayah di sisi selatan kota terendam banjir. Sebuah helikopter militer digunakan untuk menyelamatkan empat orang yang tidak dapat meninggalkan rumah mereka.

Sebagian besar wilayah Kathmandu tidak memiliki listrik dan internet selama beberapa waktu.

Ada laporan tanah longsor dan banjir di bagian lain negara itu.

Musim hujan yang membawa hujan lebat dimulai pada bulan Juni dan biasanya berakhir pada pertengahan September.

Penduduk ibu kota Nepal yang dilanda banjir kembali ke rumah mereka yang berlumpur pada hari Minggu (29/9) untuk meninjau reruntuhan banjir dahsyat yang telah menewaskan sedikitnya 104 orang di seluruh republik Himalaya tersebut.

Banjir dan tanah longsor yang mematikan akibat hujan sering terjadi di seluruh Asia Selatan selama musim hujan dari bulan Juni hingga September, tetapi para ahli mengatakan perubahan iklim meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahannya.

Seluruh lingkungan di Kathmandu terendam banjir selama akhir pekan dengan banjir bandang yang dilaporkan terjadi di sungai-sungai yang mengalir melalui ibu kota dan kerusakan parah pada jalan raya yang menghubungkan kota tersebut dengan seluruh Nepal.

Kumar Tamang, yang tinggal di daerah kumuh di tepi sungai, mengatakan kepada AFP bahwa ia dan keluarganya harus mengungsi setelah tengah malam pada hari Sabtu karena air menerjang gubuknya.

"Pagi ini kami kembali dan semuanya tampak berbeda," kata pria berusia 40 tahun itu. "Kami bahkan tidak bisa membuka pintu rumah kami, pintunya penuh lumpur," tambahnya. "Kemarin kami takut air akan membunuh kami, tetapi hari ini kami tidak punya air untuk membersihkan."

Kementerian Dalam Negeri Nepal mengatakan 104 orang telah tewas di seluruh negeri dan 64 lainnya masih hilang.

Juru bicara kementerian, Rishi Ram Tiwari, mengatakan bahwa buldoser digunakan untuk membersihkan beberapa jalan raya yang telah diblokir oleh puing-puing, sehingga Kathmandu terputus dari bagian lain negara itu. "Lebih dari 3.000 orang telah diselamatkan," tambahnya.

Setidaknya 14 orang yang tewas berada di dalam dua bus dan terkubur hidup-hidup ketika tanah longsor menghantam jalan raya di selatan Kathmandu, kata kepala distrik Dhading Rajendra Dev Pandey kepada AFP.

Lembah tempat ibu kota berada mencatat 240 milimeter (9,4 inci) hujan dalam 24 jam hingga Sabtu pagi, kata biro cuaca negara itu kepada surat kabar Kathmandu Post. Itu adalah curah hujan tertinggi yang tercatat di ibu kota setidaknya sejak 1970, kata laporan itu.

Air setinggi dada

Sungai Bagmati dan banyak anak sungainya yang membelah Kathmandu meluap, menggenangi rumah-rumah dan kendaraan di dekatnya setelah tengah malam pada Sabtu.

Warga berjuang melewati air setinggi dada untuk mencapai tempat yang lebih tinggi.

Lebih dari 3.000 personel keamanan dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan dengan helikopter dan perahu motor.

Tim penyelamat menggunakan rakit untuk menarik korban selamat ke tempat yang aman.

Penerbangan domestik kembali beroperasi dari dan ke Kathmandu pada Minggu pagi setelah cuaca buruk memaksa penghentian total sejak Jumat malam, dengan lebih dari 150 keberangkatan dibatalkan.

Musim panas membawa 70-80 persen curah hujan tahunan di Asia Selatan. Musim hujan dari bulan Juni hingga September membawa kematian dan kehancuran yang meluas setiap tahun di seluruh Asia Selatan, tetapi jumlah banjir dan tanah longsor yang fatal telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. (AP/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home