Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Senin, 20 Mei 2024

Banjir Melanda Afghanistan Utara, 47 Tewas dan Ratusan Rumah Rusak

Seorang anak laki-laki Afghanistan berjalan di sepanjang jalan yang banjir di Sheikh Jalal, provinsi Baghlan, Afghanistan 12 Mei 2024. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 47 orang tewas setelah hujan lebat dan banjir terus berlanjut di Afghanistan utara, kata seorang pejabat pada hari Minggu (19/5), sehari setelah jumlah yang sama korban tewas di provinsi tengah.

Shamsudden Mohammedi, kepala departemen informasi untuk Provinsi Faryab di utara, mengatakan kepada Reuters setidaknya 300 ratus rumah hancur, berdasarkan laporan awal.

Pada hari Sabtu, setidaknya 50 orang tewas di provinsi tengah Ghor, kata Mawlawi Abdul Hai Zaeem, kepala departemen informasi provinsi tersebut.

Afghanistan rentan terhadap bencana alam, dan PBB menganggapnya sebagai salah satu negara paling rentan terhadap perubahan iklim.

Pekan lalu, banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat menghancurkan desa-desa di Afghanistan utara, menewaskan 315 orang dan melukai lebih dari 1.600 orang, kata pihak berwenang pada hari Minggu.

Pada hari Rabu, sebuah helikopter yang digunakan oleh angkatan udara Afghanistan jatuh karena “masalah teknis” selama upaya untuk mengambil jenazah orang-orang yang jatuh ke sungai di provinsi Ghor, menewaskan satu orang dan melukai 12 lainnya, kata kementerian pertahanan.

Afghanistan menghadapi kekurangan bantuan setelah Taliban mengambil alih ketika pasukan asing menarik diri pada tahun 2021. Bantuan pembangunan, yang merupakan tulang punggung keuangan pemerintah, dipangkas.

Kekurangan ini semakin memburuk pada tahun-tahun berikutnya ketika pemerintah asing bergulat dengan persaingan krisis global dan meningkatnya kecaman terhadap pembatasan yang dilakukan Taliban terhadap perempuan Afghanistan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home