Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:22 WIB | Minggu, 01 September 2024

Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Kembali dari IKN Nusantara ke Monas

Tim Purna Paskibraka 2023 Kachina Ozora (kiri) membawa duplikat bendera Pusaka Merah Putih dan anggota Paskibraka 2024 Sabrina Roihanah (kanan) membawa salinan naskah teks proklamasi memasuki Monas saat mengikuti Kirab Pengembalian Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih di Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2024). Kirab tersebut merupakan prosesi pengembalian duplikat bendera pusaka Merah Putih dan naskah Proklamasi usai digunakan pada upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pengembalian duplikat bendera pusaka dan naskah teks proklamasi mulai dilakukan dari Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur ke Monumen Nasional(Monas) Jakarta, dilakukan pada hari Sabtu (31/8)

Bendera pusaka teks proklamasi dikembalikan ke Monumen Nasional Jakarta, untuk disimpan kembali di sana.

Sesuai amanat Pasal 5 Undang-undang 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, bendera pusaka disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.

Berdasarkan tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, hari Sabtu, tampak Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyerahkan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi kepada anggota paskibraka di Istana Negara IKN Nusantara.

Bertugas sebagai pembawa bendera pusaka yakni anggota purna-paskibraka 2023 asal Kalimantan Tengah Kachina Ozora. Sementara pembawa teks proklamasi yakni Sabrina Roihanah, yang merupakan anggota Paskibraka 2024 asal DKI Jakarta.

Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi akan dibawa dari Istana Negara IKN ke Monas, Jakarta.

Saat tiba di Jakarta, rute kirab pengembalian duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi dimulai dari Bandara Halim Perdana Kusuma melewati kawasan Cawang, Simpang Susun Semanggi lalu lanjut ke kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Selanjutnya, kirab akan melewati kawasan Sarinah Thamrin, terus ke arah Patung Kuda menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan masuk Monas lewat Pintu Silang Tenggara Monas atau Pintu Gambir.

Kemudian, iring-iringan kirab akan menuju sisi Timur Monas untuk kemudian dikembalikan ke tempat penyimpanan bendera pusaka di Cawan Monas.

Sebelumnya, duplikat bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tersebut telah digunakan pada upacara kenegaraan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Untuk pertama kalinya, barang bersejarah milik negara tersebut digunakan dalam prosesi resmi kenegaraan di luar Ibu Kota Jakarta. Setelah upacara di IKN selesai, duplikat bendera dan naskah proklamasi harus dipulangkan lagi ke tempat penyimpanannya di Monas.

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home