Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 11:48 WIB | Jumat, 30 Juni 2023

Berminat jadi Mahasiswa FH UI? Baca Tips Ini!

Tesia Graciel Hutagalung siswa SMAK 7 PENABUR (Foto : BPKPEKANURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Memiliki impian menegakkan keadilan di Indonesia, Tesia Graciel Hutagalung siswa SMAK 7 PENABUR bercita-cita berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) fakultas hukum.

Oleh karena itu, sejak awal masuk kelas XII Tesia mulai mempersiapkan diri dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023.

"Sejak semester 5 sekolah juga sudah memberikan dukungan dengan menawarkan Bimbel UTBK yang mempermudah aku untuk belajar. Kemudian, di semester 6 diadakan pula TO UTBK yang sangat membantuku dalam mempersiapkan diri. Guru BK turut memberikanku bimbingan dan memberikan informasi terkait persiapan seleksi jalur UTBK SNBT 2023." cerita Tesia.

Berkat belajar dengan rajin serta dukungan dari sekolah, Tesia berhasil lolos dan masuk PTN Universitas Indonesia (UI) Fakultas Hukum yang merupakan bidang yang dicita-citakannya.

Tak mau sukses sendirian, Tesia memberikan tips bagi teman-teman yang ingin masuk PTN :

1. Motivasi

Niat dan motivasi adalah hal yang mendorong kamu dalam mewujudkan impian. Tanpa motivasi, kerja keras yang dilakukan akan menjadi sia-sia. Untuk itu, kamu perlu bertanya dalam hati mengapa memilih universitas dan jurusan itu, lalu jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi.

2. Belajar dengan konsisten

Ketika memiliki motivasi, memulai suatu kebiasaan baru menjadi lebih mudah. Dalam hal ini adalah belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK SNBT 2023. Cobalah mulai konsisten dalam belajar agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan terburu-buru dan belajarlah dari satu atau dua sumber saja. Jangan lupa pada saat belajar, catatlah hal-hal yang penting.

3. Melibatkan Tuhan

"Keberhasilan yang aku raih tentunya bukan karena kekuatan sendiri, tetapi karena ada campur tangan Tuhan didalamnya." ujar Tesia.

Matius 6 : 33 menjadi ayat favorit Tesia yang berbunyi, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Tesia memaknai ayat tersebut, bahwa ketika kita memiliki impian atau keinginan, libatkanlah Tuhan dalam prosesnya melalui doa dan ibadah, maka Tuhan akan menjawab keinginan tersebut sesuai dengan rencana-Nya.

Sebanyak 293 siswa SLTAK PENABUR Jakarta berhasil lolos UTBK SNBT 2023.

"Kami selalu berkomitmen memberikan layanan pendidikan bagi siswa yang ingin melanjutkan ke PTN maupun PTS dan sudah dimulai sejak kelas X." ujar Enche Gunawan, Kepala Jenjang SLTAK PENABUR Jakarta.

Persiapan tes masuk PTN/PTS disesuaikan dengan silabus dan materi di jenjang SLTA. Untuk materi pengayaan diberikan pada program UTBK SNBT yang di fasilitasi oleh jenjang. 

"Fokus untuk tes masuk PTN khususnya UTBK SNBT 2023 lebih ditekankan pada literasi dan numerasi yang mengasah logika analisis berpikir, sehingga penguatan materi dilakukan melalui latihan soal model asesmen nasional di lingkup 3 mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika." jelas Enche.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home