Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:35 WIB | Rabu, 21 Agustus 2024

Bertabur Prestasi, Menambah Semarak Perayaan HUT RI ke-79 Tahun

Bertabur Prestasi, Menambah Semarak Perayaan HUT RI ke-79 Tahun
Pengibaran Bendara Merah Putih oleh Paskibraka SMAK Gading Serpong (Foto : BPKPJakarta)
Bertabur Prestasi, Menambah Semarak Perayaan HUT RI ke-79 Tahun
Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Menjadi Pemimpin Upacara dalam Perayaan HUT RI di Kompleks PENABUR Gading Serpong (Foto : BPKPJakarta)
Bertabur Prestasi, Menambah Semarak Perayaan HUT RI ke-79 Tahun
Prestasi OSN SDK PENABUR Jakarta 2024 (Foto:BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menyambut HUT RI ke 79 tahun yang mengusung tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju', BPK PENABUR Jakarta yang telah berusia 74 tahun, terus berinovasi mempersiapkan generasi emas Indonesia yang unggul dan berkarakter Kristiani. 

“Di tengah derasnya arus informasi dan tantangan sosial yang kompleks, pendidikan karakter menjadi pondasi penting yang membentuk peserta didik untuk memiliki integritas, empati, dan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, kita membangun generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga matang secara emosional dan spiritual.” ujar Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR.

Prestasi anak Indonesia menambah semarak HUT RI ke 79 tahun

Semarak HUT RI ke-79 tahun ditandai dengan rangkaian kegiatan mulai dari upacara bendera, perlombaan, dan karnaval yang digelar di 79 sekolah TK, SD, SMP, dan SLTA, serta SPK dibawah naungan BPK PENABUR Jakarta.

Perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun ini makin meriah dengan berbagai prestasi yang dipersembahkan oleh para peserta didik. Tak mau ketinggalan dari jenjang SLTA yang meraih medali di olimpiade tingkat internasional, peserta didik SDK PENABUR Jakarta juga berhasil memboyong prestasi di ajang Olimpiade Nasional (OSN) pada 5-11 Agustus 2024 di Jakarta Pusat. 

Bryan Richie, peserta didik SDK 11 PENABUR berhasil meraih emas, Sal Ovadya, peserta didik SDK 6 PENABUR dan Matteo Renzo W, peserta didik SDK 11 PENABUR berhasil meraih  perunggu untuk OSN bidang Matematika. Sedangkan David, peserta didik SDK PENABUR Gading Serpong meraih Honorable Mention untuk kategori ini.

Kemudian untuk bidang IPA, Faith Damai, peserta didik SDK 11 PENABUR berhasil meraih perak dan Steve Felix, peserta didik SDK 2 PENABUR mendapatkan Honorable Mention.

“Aku mulai menyukai Matematika sejak usia dua tahun, aku menguasai perkalian dasar yang aku pelajari dari YouTube.” ujar Bryan.

Orangtua Bryan mendukung bakatnya dengan memberikan mainan yang berhubungan dengan angka sejak kecil, dukungan dari guru-guru di sekolah pun membantu Bryan mengasah kemampuan Matematikanya.

“Kami juga mendukung siswa secara berkala dengan menghadirkan guru-guru kompeten dibidangnya. Selain itu, juga memberikan latihan dan menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga peserta didik tidak stres. Kemudian, komunikasi yang baik dengan orangtua terus dilakukan, sehingga harapan orangtua dan sekolah seirama.” tutur Juldiyanti, Kepala SDK 11 PENABUR.

Meski mengaku sudah mempersiapkan diri selama satu tahun dengan mempelajari buku-buku materi OSN, ada beberapa tantangan yang dihadapi Bryan. “Saat mengerjakan soal, ada yang sulit dan aku coba membaca soal beberapa kali sampai mengerti.” jelas siswa yang bercita-cita menjadi master catur ini. 

Bryan mengaku senang dapat meraih emas di OSN 2024. Baginya mengikuti OSN 2024 merupakan pengalaman yang seru dan menyenangkan, karena dapat bertemu dengan teman baru.

Dukungan penuh dari guru dan orang tua

Cerita berbeda datang dari Faith. Ia mulai menyukai IPA sejak kelas 1 SD dengan membaca komik dan buku cerita tentang IPA yang disediakan oleh kedua orangtuanya. “Papa dan Mama di rumah juga turut serta membantuku belajar IPA apabila menemukan soal-soal yang sulit.” tutur Faith yang gemar menonton video maupun film yang berkaitan dengan science.

Faith merasa senang karena selama persiapan OSN, guru-guru begitu bersemangat dalam mendampingi, termasuk menyediakan alat-alat praktikum dalam berlatih. “Aku mulai berlatih OSN sejak 10 bulan yang lalu dengan mengerjakan soal dan membaca beberapa materi dari buku SMP. Aku juga berkesempatan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BPK PENABUR.” ungkap Faith yang memiliki banyak hobi, menggambar, bermain drama, dan bernyanyi. 

Meski telah berhasil membawa pulang medali OSN, kedua orang tua berpesan agar Faith menjadi anak yang rendah hati dan penuh semangat serta terus mengasah talenta yang dimiliki. 

Pesan bagi teman-teman BPK PENABUR Jakarta di HUT RI ke 79 tahun

Dalam momen HUT RI ke 79 tahun, ada pesan-pesan dari para jawara OSN SD kepada teman-teman BPK PENABUR Jakarta.

“Teman-teman tetaplah rajin belajar dan percaya diri, andalkan Tuhan dalam segala hal.” pesan Bryan.

“Jangan pernah menyerah, tetap lakukan yang terbaik sesuai dengan talenta yang teman-teman miliki.” ucap Faith.

“Jangan menyerah, jangan takut gagal, dan berani mencoba.” tutur Matteo.

Tak mau ketinggalan Sal memberikan pesan lewat pantun,

“Main ke taman ada pengemis,

bajunya kusam dan agak tipis.

Tekun belajar jangan pesimis,

semua rintangan harus ditepis.”

Selamat merayakan HUT RI ke-79 kepada seluruh warga Indonesia, MERDEKA!!

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home