Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Rabu, 12 Juni 2024

BNPB Akan Pasang Peringatan Dini Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Kondisi permukiman warga dan sarana publik pasca banjir bandang yang menerjang Kabupaten Agam. Hingga kini, tim gabungan masih melakukan upaya penanganan darurat. (Foto: dok. Ist)

BUKITTINGGI, SATUHARAPAN.COM-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan survei lokasi titik pemasangan early warning system (EWS) atau sistem peringatan dini banjir lahar dingin atau galodo pada sejumlah titik di Kota Padang Pariaman pada Senin (10/6).

Kegiatan survei dipimpin langsung oleh Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Udrekh. Survei lapangan ini merupakan tindak lanjut dari pemetaan titik calon EWS yang sebelumnya telah dilakukan dengan survei udara, baik melalui helikopter maupun dengan menggunakan pesawat nirawak (drone).

Rencananya, sistem peringatan dini yang akan dipasang oleh BNPB berupa seperangkat sensor pengukur curah hujan dan sensor ketinggian muka air, yang hasilnya kemudian akan dibunyikan oleh sirine EWS. Alat ini akan terintegrasi dengan alat EWS yang telah dipasang oleh BMKG, berupa sensor cuaca di tiga titik sekitar lereng Gunung Marapi.

Berjalan pararel bersamaan dengan survei titik lokasi pemasangan EWS, BNPB juga melakukan survei titik pemasangan rambu mitigasi bencana. Tim survei didampingi langsung oleh Direktur Mitigasi Bencana BNPB Berton Suar Pandjaitan. Selain mencari titik pemasangan rambu mitigasi bencana, tim ini sekaligus melaksanakan observasi kepada warga sekitar terkait kesiapan warga dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Survei lapangan titik pemasangan EWS dan rambu mitigasi bencana akan dilakukan menyeluruh pada tiga kabupaten/kota terdampak galodo, antara lain Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam. Adapun jumlah alat sensor EWS yang akan dipasang sebanyak 20 alat di sepanjang aliran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home