Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:01 WIB | Jumat, 25 Agustus 2023

BRICS Akan Menerima Enam Negara Menjadi Anggota Baru Tahun 2024

Enam negara yang disebut adalah Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, dan UEA.
Para delegasi berinteraksi saat KTT BRICS 2023 di Johannesburg, Afrika Selatan, Rabu, 23 Agustus 2023. (Foto: AP)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM-Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, mengumumkan pada hari Kamis (24/8) bahwa kelompok negara-negara berkembang BRICS akan menerima enam anggota baru, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Iran, pada awal tahun depan.

“Kami memutuskan untuk mengundang Republik Argentina, Republik Arab Mesir, Republik Demokratik Federal Ethiopia, Republik Islam Iran, Kerajaan Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, untuk menjadi anggota penuh BRICS. Keanggotaan akan berlaku mulai 1 Januari 2024,” kata Ramaphosa pada pertemuan puncak di Johannesburg.

Seruan untuk memperluas BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) telah mendominasi agenda pertemuan tiga hari tersebut dan mengungkap perpecahan di antara blok tersebut mengenai kecepatan dan kriteria penerimaan anggota baru.

Namun kelompok tersebut, yang mengambil keputusan melalui konsensus, telah menyetujui “prinsip panduan, standar, kriteria dan prosedur proses ekspansi BRICS,” kata Ramaphosa.

Hampir dua lusin negara telah secara resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan klub tersebut, yang mewakili seperempat perekonomian global dan lebih dari tiga miliar penduduk dunia.

Sekitar 50 kepala negara dan pemerintahan lainnya menghadiri pertemuan puncak di Johannesburg, yang berakhir pada hari Kamis (24/8). (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home