Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:14 WIB | Jumat, 27 September 2024

China Pangkas Suku Bunga, Luncurkan Upaya Lain Atasi Ekonomi Yang Melambat

Seorang pengendara melewati plakat yang menunjukkan properti untuk disewakan yang dipajang di skuter listrik yang diparkir di sepanjang trotoar di Hangzhou di Provinsi Zhejiang, China timur pada 27 Agustus 2024. (Foto: dok. Chinatopix via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China meluncurkan serangkaian tindakan pada hari Selasa (24/9) yang ditujukan untuk melawan penurunan yang berkepanjangan di pasar propertinya yang membebani ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pimpinan bank sentral China mengatakan akan memangkas jumlah cadangan yang harus disimpan bank. Bank juga memangkas suku bunga pinjamannya ke bank komersial, mengurangi uang muka yang diperlukan untuk beberapa pembelian properti, dan menjanjikan langkah-langkah lain untuk menghidupkan kembali ekonomi yang melambat.

Gangguan dan kehilangan pekerjaan selama pandemi COVID-19, ditambah dengan turunnya harga rumah, telah membuat banyak warga China tidak mau atau tidak mampu berbelanja, meskipun pemerintah berupaya untuk mendorong pembelian rumah, kendaraan listrik, dan barang-barang mahal lainnya.

Gubernur Bank Rakyat China (PBOC), Pan Gongsheng, mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa persyaratan cadangan untuk bank akan dipotong sebesar 0,5 poin persentase "dalam waktu dekat," dan bahwa bank sentral akan menindaklanjutinya dengan pemotongan lebih lanjut. Itu akan membebaskan lebih banyak uang untuk pinjaman.

Berita itu mengangkat harga saham, terutama untuk pengembang real estate. Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 4,1%, sementara indeks Shanghai Composite naik 4,2%.

Regulator juga merencanakan kebijakan baru untuk menstabilkan pasar saham, kata Pan dan pejabat lainnya. Harga saham di China mencapai puncaknya sebelum krisis keuangan global pada tahun 2008 dan sebagian besar telah mendatar sejak saat itu.

Analis mengatakan pendekatan terkoordinasi terbaru untuk mendukung sektor properti mungkin lebih efektif daripada upaya sebelumnya yang sepotong-sepotong yang sejauh ini hanya membawa sedikit kelegaan.

Pemangkasan suku bunga setengah poin persentase oleh Federal Reserve pekan lalu juga mengurangi tekanan pada yuan China, memberi PBOC lebih banyak keleluasaan untuk bertindak.

"Ini adalah langkah ke arah yang benar," kata Julian Evans-Pritchard dari Capital Economics dalam sebuah komentar. "Namun, langkah ini mungkin tidak akan cukup untuk mendorong perubahan haluan dalam pertumbuhan kecuali diikuti dengan dukungan fiskal yang lebih besar," katanya.

Tidak seperti Amerika Serikat, di mana inflasi akibat ekonomi yang sedang panas telah menjadi perhatian utama para pembuat kebijakan dalam beberapa tahun terakhir, China telah berjuang melawan pertumbuhan yang melambat dan tekanan ke bawah pada harga karena permintaan yang lesu.

Pasar perumahan telah terpuruk setelah beberapa tahun lalu pemerintah menindak tegas pinjaman berlebihan oleh pengembang, yang menyebabkan banyak pengembang gagal membayar utang dan gagal menyediakan apartemen yang telah dibayar oleh pembeli.

Perumahan merupakan bentuk utama investasi di China dan juga mendukung banyak industri lain, seperti konstruksi, dekorasi rumah, dan peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

Regulator China telah menghindari paket belanja pemerintah besar-besaran seperti yang digunakan Beijing di masa lalu untuk memacu pertumbuhan, karena khawatir akan menciptakan gelembung pasar properti. Namun, gangguan dan kehilangan pekerjaan selama pandemi COVID-19, ditambah dengan jatuhnya harga rumah telah membuat banyak warga China tidak mau atau tidak mampu berbelanja, sehingga melemahkan ekonomi penggerak kegiatan bisnis lainnya.

Perekonomian tumbuh pada tingkat tahunan 4,7% pada kuartal terakhir setelah tumbuh 5,3% dalam tiga bulan pertama tahun ini. Baru-baru ini, pemimpin China, Xi Jinping, mendesak para pejabat untuk berbuat lebih banyak guna mengembalikan pertumbuhan ke jalurnya.

Meskipun pasar bereaksi antusias terhadap serangkaian kebijakan, beberapa ekonom bersikap skeptis. “Paket ini menggembirakan, tetapi tidak cukup untuk memberi landasan bagi pasar properti dan ekonomi yang lebih luas. Kemerosotan pertumbuhan nominal yang substansial sudah terjadi,” kata Rory Green dan Freya Beamish dari TS Lombard dalam sebuah komentar.

Pan, gubernur bank sentral, mengatakan persyaratan uang muka bagi pembeli rumah kedua akan dikurangi menjadi 15% dari 25% dan suku bunga hipotek akan dipotong sekitar 0,5%.

Itu akan membantu 50 juta rumah tangga dan 150 juta orang, mengurangi biaya bunga rumah tangga rata-rata sekitar 150 miliar yuan (US$21 miliar) setahun, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home