Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 14:53 WIB | Minggu, 18 Juni 2023

Diduga Beri Dana ke KKB, Sejumlah Kepala Kampung di Papua Diperiksa Polisi

Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri. (Foto: Ist)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM-Kepolisian Daerah (Polda) Papua menangkap sejumlah kepala kampung di Papua yang diduga memberikan bantuan dana kepada KKB. Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, menjelaskan bahwa para kepala kampung tersebut ditangkap untuk diperiksa mengenai bantuan dana kepada KKB.

"Sudah ada beberapa kepala kampung yang saat ini menjalani proses pemeriksaan terkait dana kampung yang disalurkan ke KKB sehingga digunakan untuk membiayai operasional kelompok tersebut," kata Kapolda Papua dikutip Antara, hari Sabtu (17/6/23).

Para kepala kampung itu juga saat ini ditahan agar pemeriksaan bisa lebih optimal dilakukan. Jika mereka diduga terlibat dalam penyaluran dana kampung ke KKB, maka akan ditindak tegas lewat proses hukum.

Kapolda juga mengungkapkan bahwa selain di Kabupaten Nduga, ada pula di beberapa wilayah yang menjadi perhatian kepolisian. Para Kapolres diminta untuk mendalami dan memproses hukum bila ada indikasi penyaluran dana kampung kepada KKB.

Dia mengungkapkan bahwa dana kampung seharusnya diberikan untuk mempercepat proses pembangunan. Apabila dipakai untuk membantu KKB, maka akan dikenakan proses hukum bagi yang terlibat.

"Bukan sebaliknya dana tersebut diberikan kepada KKB yang sering membuat resah masyarakat di sekitarnya. Bila terindikasi maka kepala kampung akan diproses hukum," kata Kapolda.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home