Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:14 WIB | Kamis, 12 Oktober 2023

DK PBB Bertemu hari Jumat Bahas Perang Hamas dan Israel

Kehancuran yang dialami warga Gaza setelah Israel membalas searangan Hamas pada hari Senin (9/10). (Foto: Ist)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) akan bertemu pada hari Jumat (13/10) sore, kata para diplomat, untuk membahas konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Dewan belum memutuskan apakah pertemuan itu akan dipublikasikan, kata para diplomat. Badan yang beranggotakan 15 orang itu bertemu secara tertutup pada hari Minggu (8/10), sehari setelah Hamas menyerang kota-kota dan desa-desa Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sejumlah orang saat kembali ke Gaza.

Jumlah korban tewas di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 1.200 orang, kata Kementerian Kesehatan Palestina pada hari Kamis (12/10), menyusul peningkatan pemboman Israel pada hari keenam sejak serangan mendadak Hamas.

“Jumlah korban meningkat menjadi sekitar 1.200 orang, dan jumlah korban luka menjadi sekitar 5.600 orang,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang membahas eskalasi militer di Gaza dan daerah sekitarnya, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

Selama panggilan telepon tersebut, Putra Mahkota menekankan pentingnya upaya menemukan cara untuk menghentikan operasi militer yang telah mengakibatkan korban sipil, kata SPA.

Menurut SPA, Pemimpin Arab Saudi juga menegaskan kembali komitmen Kerajaan untuk mengintensifkan upaya komunikasi dan berupaya menuju deeskalasi, sambil menjunjung hukum kemanusiaan internasional, termasuk mencabut blokade di Gaza.

MBS menekankan perlunya menciptakan kondisi stabilitas dan dimulainya kembali proses perdamaian, memastikan bahwa rakyat Palestina dapat mencapai hak-hak mereka yang sah dan mewujudkan perdamaian yang adil dan abadi, tambah SPA. (Reuters/AFP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home