Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Jumat, 06 September 2024

Eksodus Besar, Investor dan Intelektual Tinggalkan China, Pilih ke Jepang

Mereka bukan memilih Amerika Serikat, karena Jepang memiliki daya tarik yang lebih besar.
Eksodus Besar, Investor dan Intelektual Tinggalkan China, Pilih ke Jepang
Jurnalis China, Jia Jia, berbincang dengan seorang teman di sebuah toko buku di Tokyo, Jepang, Selasa, 20 Agustus 2024. (Foto: dok. AP/Shuji Kajiyama)
Eksodus Besar, Investor dan Intelektual Tinggalkan China, Pilih ke Jepang
Sebuah kantin yang populer di kalangan warga China yang tinggal di Jepang terlihat pada Rabu, 4 September 2024, di Tokyo. (Foto: AP/Eugene Hoshiko)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Satu per satu, para mahasiswa, pengacara, dan lainnya masuk ke ruang kelas di sebuah universitas di pusat kota Tokyo untuk mendengarkan ceramah dari seorang jurnalis China tentang Taiwan dan demokrasi — topik-topik tabu yang tidak boleh didiskusikan secara terbuka di China.

“Demokrasi modern Taiwan membutuhkan perjuangan dan pertumpahan darah, tidak perlu diragukan lagi,” kata Jia Jia, seorang kolumnis dan dosen tamu di Universitas Tokyo yang sempat ditahan di China delapan tahun lalu karena dicurigai menulis seruan agar pemimpin tertinggi China mengundurkan diri.

Ia adalah salah satu dari puluhan ribu intelektual, investor, dan warga China lainnya yang telah pindah ke Jepang dalam beberapa tahun terakhir, sebagai bagian dari eksodus besar orang-orang dari China.

Latar belakang mereka sangat beragam, dan mereka pergi karena berbagai alasan. Sebagian sangat miskin, sebagian lainnya sangat kaya. Sebagian pergi karena alasan ekonomi, karena peluang semakin menipis seiring berakhirnya kemakmuran China. Beberapa orang melarikan diri karena alasan pribadi, karena kebebasan yang terbatas pun terkikis.

Migran China mengalir ke seluruh penjuru dunia, dari pekerja yang ingin memulai bisnis mereka sendiri di Meksiko hingga mahasiswa yang kelelahan yang menuju Thailand. Mereka yang memilih Jepang cenderung kaya atau berpendidikan tinggi, tertarik pada kemudahan hidup, budaya yang kaya, dan kebijakan imigrasi negara yang berpihak pada profesional berketerampilan tinggi, dengan reaksi keras anti imigran yang lebih sedikit seperti yang kadang-kadang terlihat di negara-negara Barat.

Jia awalnya bermaksud pindah ke Amerika Serikat, bukan Jepang. Namun setelah mengalami wabah virus corona di China, ia ingin pergi dan aplikasi visa Amerika-nya tertahan dalam pemrosesan. Jadi, ia memilih Jepang sebagai gantinya.

“Di Amerika Serikat, imigrasi ilegal sangat kontroversial. Ketika saya pergi ke Jepang, saya sedikit terkejut. Saya menemukan bahwa kebijakan imigrasi mereka sebenarnya lebih longgar dari yang saya kira,” kata Jia kepada The Associated Press. “Saya menemukan bahwa Jepang lebih baik daripada AS.”

Sulit untuk memasuki AS akhir-akhir ini. Puluhan ribu warga China ditangkap di perbatasan AS-Meksiko selama setahun terakhir, dan mahasiswa China telah diinterogasi di bea cukai karena ketegangan perdagangan memicu kecurigaan adanya kemungkinan spionase industri. Beberapa negara bagian AS mengesahkan undang-undang yang membatasi warga China untuk memiliki properti.

"AS mengucilkan warga China yang paling ramah kepada mereka, yang paling menganut nilai-nilai yang sama," kata Li Jinxing, seorang pengacara hak asasi manusia Kristen yang pindah ke Jepang pada tahun 2022.

Li melihat persamaan dengan sekitar satu abad yang lalu, ketika para intelektual China seperti Sun Yat-sen, bapak pendiri China modern, pindah ke Jepang untuk mempelajari bagaimana negara itu memodernisasi dengan begitu cepat.

"Di satu sisi, kami berharap menemukan inspirasi dan arahan dalam sejarah," kata Li tentang dirinya sendiri dan warga China yang berpikiran sama di Jepang. "Di sisi lain, kami juga ingin mengamati seperti apa negara demokrasi dengan supremasi hukum. Kami mempelajari Jepang. Bagaimana ekonominya bekerja, pemerintahannya bekerja?"

Selama dekade terakhir, Tokyo telah melunakkan sikapnya yang dulu kaku terhadap imigrasi, yang didorong oleh angka kelahiran yang rendah dan populasi yang menua. Warga asing kini berjumlah sekitar 2% dari populasinya yang berjumlah 125 juta jiwa. Jumlah itu diperkirakan akan melonjak menjadi 12% pada tahun 2070, menurut Institut Nasional Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial yang berpusat di Tokyo.

Warga China adalah pendatang baru yang paling banyak jumlahnya, dengan jumlah 822.000 orang tahun lalu di antara lebih dari tiga juta warga asing yang tinggal di Jepang, menurut data pemerintah. Jumlah itu naik dari 762.000 orang setahun lalu dan 649.000 orang satu dekade lalu.

Pada tahun 2022, karantina wilayah di bawah kebijakan "nol COVID" China menyebabkan banyak pemuda atau warga negara paling kaya di negara itu melarikan diri. Bahkan ada kata kunci untuk itu: "runxue," menggunakan kata bahasa Inggris "run" untuk membangkitkan "lari" ke tempat-tempat yang dianggap lebih aman dan lebih makmur.

Bagi kaum intelektual seperti Li dan Jia, Jepang menawarkan kebebasan yang lebih besar dibandingkan di bawah pemerintahan Xi Jinping yang semakin represif. Namun bagi yang lain, seperti investor kaya dan pebisnis, Jepang menawarkan sesuatu yang lain: perlindungan properti.

Sebuah laporan oleh firma migrasi investasi Henley & Partners mengatakan hampir 14.000 orang kaya meninggalkan China tahun lalu, jumlah terbanyak di antara negara mana pun di dunia, dengan Jepang sebagai tujuan wisata yang populer.

Salah satu pendorong utamanya adalah kekhawatiran tentang keamanan kekayaan mereka di China atau Hong Kong, kata Q. Edward Wang, seorang profesor studi Asia di Universitas Rowan di Glassboro, New Jersey.

“Perlindungan atas properti pribadi, yang merupakan landasan masyarakat kapitalis, tidak ada di China,” kata Wang.

Melemahnya yen membuat pembelian properti dan aset lokal lainnya di Jepang menjadi menguntungkan.

Dan sementara ekonomi Jepang mengalami stagnasi, ekonomi China yang dulunya bergairah juga mengalami kesulitan, dengan sektor properti mengalami krisis dan harga saham tertahan pada level yang sama seperti di akhir tahun 2000-an.

“Jika Anda hanya pergi ke Jepang untuk menyimpan uang Anda,” kata Wang, “maka Anda pasti akan menikmati waktu Anda di Jepang.”

Pengusaha dot.com termasuk di antara mereka yang pergi dari China setelah Partai Komunis menindak industri teknologi, termasuk miliarder Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce Alibaba, yang mengambil jabatan profesor di Tokyo College, bagian dari Universitas Tokyo yang bergengsi.

Begitu banyak orang China kaya telah membeli apartemen di gedung-gedung tinggi mewah di Tokyo sehingga beberapa daerah dijuluki "Chinatown," atau "Chinatown Digital" — penghormatan kepada banyak pemilik yang bekerja di industri teknologi tinggi.

"Hidup di Jepang menyenangkan," kata Guo Yu, seorang insinyur yang pensiun dini setelah bekerja di ByteDance, perusahaan induk TikTok.

Guo tidak mempedulikan politik. Dia menyukai salju bubuk Jepang di musim dingin dan merupakan "penggemar berat" sumber air panasnya yang indah. Dia memiliki rumah di Tokyo, serta di dekat resor ski dan sumber air panas. Dia memiliki beberapa mobil, termasuk Porsche, Mercedes, Tesla, dan Toyota.

Guo Yu, seorang insinyur yang pensiun dini setelah bekerja di ByteDance, perusahaan induk aplikasi berbagi video populer TikTok, dan yang tinggal di Jepang, berbicara dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press di Tokyo, pada 9 April 2024.

Guo sibuk dengan perusahaan rintisan media sosial baru di Tokyo dan agen perjalanan yang mengkhususkan diri dalam "onsen," sumber air panas Jepang. Sebagian besar karyawannya adalah orang Tionghoa, katanya.

Seperti Guo, banyak orang Tionghoa yang pindah ke Jepang adalah orang kaya dan terpelajar. Itu karena alasan yang bagus: Jepang tetap tidak ramah terhadap pengungsi dan banyak jenis orang asing lainnya. Pemerintah telah bersikap strategis tentang siapa yang diizinkan untuk tinggal, umumnya berfokus pada orang-orang untuk mengisi kekurangan tenaga kerja untuk pabrik, konstruksi, dan perawatan lansia.

"Sangat penting bagi Jepang untuk menjadi negara yang menarik bagi bakat asing sehingga mereka akan memilih untuk bekerja di sini," Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan awal tahun ini, mengumumkan upaya untuk melonggarkan pembatasan imigrasi Jepang yang ketat.

Peluang semacam itu persis seperti yang dikatakan penari balet China,Du Hai, yang telah ia temukan. Memimpin kelas yang berisi selusin siswa Jepang di sebuah studio di pinggiran kota Tokyo pada suatu akhir pekan baru-baru ini, Du memperagakan posisi dan putaran kepada para perempuan yang mengenakan triko dan sepatu jari kaki.

Du tertarik dengan dunia balet Jepang yang besar, yang dipenuhi oleh grup balet profesional dan penari berbakat, katanya, tetapi khawatir dengan peringatan yang diterimanya tentang orang Jepang yang tidak ramah.

Ternyata itu salah, katanya sambil tertawa. Sekarang, Du sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan kewarganegaraan Jepang. “Tentu saja, saya sangat menikmati tinggal di Jepang sekarang,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home