Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:02 WIB | Rabu, 28 Juni 2023

Eropa: Pemberontakan Wagner Menunjukkan Perang Menghancurkan Kekuatan Rusia

Ketidakstabilan Rusia, negara yang memiliki senjata nuklir adalah berita yang tidak baik.
Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell berbicara dalam diskusi panel tentang iklim dan keamanan di Brussel, pada 21 Juni 2023. (Foto: AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Pemberontakan tentara bayaran Rusia, Wagner, yang digagalkan menunjukkan perang Moskow di Ukraina memecah belah kekuatan Rusia, kata diplomat top Uni Eropa pada hari Senin (26/6). Dia memperingatkan ketidakstabilan dalam kekuatan bersenjata nuklir itu "bukan hal yang baik".

"Apa yang terjadi selama akhir pekan ini menunjukkan bahwa perang melawan Ukraina menghancurkan kekuatan Rusia dan memengaruhi sistem politiknya," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, pada pertemuan para menteri luar negeri blok tersebut.

“Tentu saja bukan hal yang baik untuk melihat bahwa kekuatan nuklir seperti Rusia dapat memasuki fase ketidakstabilan. Itu juga sesuatu yang harus diperhitungkan,” kata Borrell kepada wartawan.

Dia mengatakan "kesimpulan paling penting adalah bahwa perang melawan Ukraina diluncurkan oleh (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan monster yang diciptakan Putin dengan Wagner, monster itu menggigitnya".

"Monster itu bertindak melawan penciptanya, sistem politik menunjukkan kerapuhan dan kekuatan militer sedang retak," kata Borrell.

Para menteri luar negeri Uni Eropa berusaha keras mencerna dampak pemberontakan pada pertemuan reguler mereka di Luxembourg.

Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, mengatakan kerusuhan itu adalah "urusan internal" Rusia. Dia bersikeras bahwa "hal terpenting" adalah mendukung Ukraina sehingga dapat merebut kembali wilayahnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home