Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Aninda Cakrawarti 03:27 WIB | Senin, 22 Juli 2024

Fosil Stegosaurus Terbesar Dilelang Senilai Jutaan Dolar AS di New York

Fosil dinosaurus stegosaurus bernama Apex akan dilelang di Sotheby, Manhattan, Kota New York, AS, 10 Juli 2024. (Foto: Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Fosil stegosaurus terbesar yang pernah ditemukan diperkirakan akan dilelang senilai jutaan dollar di perlelangan New York, Amerika Serikat, pekan ini, yang kemungkinan memicu pertentangan dari para ahli paleontologi.

Fosil yang diperkirakan berusia 150 juta tahun itu, dipajang di Sotheby pada hari Rabu dan akan dipamerkan di sana sampai perlelangannya pada tanggal 17 Juli.

Dinamakan Apex, kerangka tulang raksasa setinggi 3,3 meter dan sepanjang 8,2 meter, disebut sebagai kerangka paling utuh dan paling awet untuk specimen stegosaurus ukuran tersebut, dengan sebanyak 254 elemen tulang fosil dari perkiraan 319 tulang kerangka dinosaurus tersebut.

Penjualan serupa menjadi lebih sering diadakan beberapa tahun belakangan, menimbulkan kritik dari para ahli paleontologi, yang mengatakan bahwa penemuan seperti ini harusnya disimpan di museum atau ruang publik lainnya dan bukan dijual kepada kolektor pribadi.

“Ini hewan yang sangat, sangat langka, dan untuk menemukan satu saja dengan ukuran sebesar ini dalam kondisi hampir utuh adalah hal yang fenomenal,” kata Cassandra Hatton, Kepala Sains dan Budaya Populer Sotheby kepada AFP.

Rumah pelelangan memperkirakan nilai Apex sebanyak 4-6 juta dollar AS, (lebih dari 60 miliar rupiah), meskipun masih lebih rendah dari Stan, fosil tyrannosaurus rex paling utuh di dunia yang terjual di 2020 dengan rekor $31,8 juta atau sekitar 513 miliar dalam rupiah.

Apex ditemukan pada Mei 2022 di sebuah lahan privat seorang paleontologis Jason Cooper. Rumah pelelangan mengatakan mereka telah berkolaborasi dengan Copper untuk ‘mendokumentasikan seluruh prosesnya, dari penemuan dan penggalian sampai proses restorasi, persiapan dan pemasangannya’ untuk menjamin standar tertinggi dan transparansinya.

Di tahun 2022, rumah pelelangan Christie harus membatalkan sebuah fosil t-rex beberapa hari sebelum dilelang di Hong Kong karena keraguan tentang keasliannya.

Fosil stegosaurus sudah dipajang di seluruh dunia, tetapi menurut Sotheby, Apex 30 persen lebih besar dari Sophie, fosil stegosaurus paling utuh sampai saat ini yang dipajang untuk publik di Natural History Museum di London.

Perdebatan tentang perlelangan fosil dinosaurus “Sudah sering saya dengar,” kata Hatton. “Ketika Anda memiliki spesimen yang penting untuk keperluan ilmiah, biasanya museum akan mencari donatur untuk mengajukan penawaran atas nama mereka atau mereka sendiri yang mengajukan penawaran.”

“Beberapa orang yang bekerja dengan saya mendonasikan spesimen yang mereka punya ke museum atau meminjamkan mereka ke museum. Mereka paham betapa penting keberadaan spesimen ini.”

Menurut Sotheby, Cooper telah mendonasikan fosil itu ke semua museum di seluruh dunia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home