Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:16 WIB | Sabtu, 20 Juli 2024

Frustasi pada UU California, Elon Musk Pindahkan Markas SpaceX dan X ke Texas

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, berbicara, saat menghadiri festival politik Atreju yang diselenggarakan oleh partai sayap kanan Brothers of Italy (Fratelli d'Italia) pimpinan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, di Roma, Italia, 16 Desember 2023. (Foto: dok. Reuters )

TEXAS, SATUHARAPAN.COM-Elon Musk mengatakan pada hari Selasa (16/7) bahwa dia akan memindahkan kantor pusat dua perusahaannya – platform media sosial X dan perusahaan roket SpaceX – ke Texas dari California, mengutip undang-undang identitas jender baru di sana sebagai “keputusan terakhir.”

Dengan langkah-langkah ini, miliarder, yang pekan lalu mendukung Donald Trump dari Partai Republik sebagai presiden Amerika Serikat, akan merelokasi Tesla dan sebagian besar bisnis yang ia kendalikan menuju ke Texas.

Sebagai orang terkaya di dunia, ia mengubah tempat tinggalnya pada tahun 2021 dari California ke Texas, di mana tidak ada pajak pendapatan negara bagian atas individu.

Undang-undang baru di California yang melarang distrik sekolah mewajibkan guru memberi tahu orang tua ketika seorang anak mengubah identitas jender atau orientasi seksualnya membantu mendorong pengumuman pada hari Selasa (16/7), kata Musk.

“Karena undang-undang ini dan banyak undang-undang lain yang mendahuluinya, menyerang keluarga dan perusahaan,” kata Musk, yang memiliki seorang putri transjender, menjelaskan keputusan di X – sebelumnya Twitter – yang dibelinya pada tahun 2022.

CEO SpaceX dan Tesla dalam beberapa tahun terakhir ini blak-blakan mengenai politik dan sering mengkritik pemerintahan Biden dan posisi Partai Demokrat dalam berbagai isu termasuk hak transjender dan isu imigrasi.

Para pemilih di California secara historis mendukung kandidat Partai Demokrat sementara Texas dianggap sebagai kubu Partai Republik yang dapat diandalkan.

Musk mengatakan kantor utama SpaceX akan pindah ke fasilitas yang sudah ada di Boca Chica, Texas, sedangkan X akan pindah ke Austin. Namun sejauh mana pekerjaan atau fasilitas di California akan dialihkan ke Texas masih belum jelas.

SpaceX memiliki kantor pusat yang luas di dekat Los Angeles, pusat kedirgantaraan utama tempat ribuan karyawan membangun roket Falcon 9, kapsul astronot Dragon, dan beberapa satelit Starshield.

Pada tahun 2021, Musk juga memindahkan kantor pusat Tesla dari California ke Texas, tetapi tahun lalu mengatakan bahwa California akan tetap menjadi pusat tekniknya.

Dia memindahkan pendirian SpaceX dari Delaware ke Texas awal tahun ini. Hal ini menyusul keputusan hakim Delaware yang membatalkan rencana kompensasi Musk sebesar US$56 miliar pada pembuat kendaraan listrik Tesla. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home