Loading...
OLAHRAGA
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 17:05 WIB | Jumat, 25 Agustus 2023

Fun Fact Catur : Olahraga Otak Populer yang Sudah Ada Sejak Zaman Masehi

Bermain Catur (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, BEST Students, apakah kalian tahu catur itu apa? Catur adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang dan gelap. 

Catur termasuk salah satu permainan kuno yang masih digemari hingga saat ini. Fun fact nya, catur dimainkan pertama kali pada abad ke-6 masehi di India dan dikenal dengan nama Chaturanga. Hubungan perdagangan dan budaya India dengan Iran membuat permainan ini tersebar, kemudian semakin meluas ke Arab ketika Iran dikuasai Arab. Pada abad ke-11 permainan catur mulai tersebar ke negara Eropa, seperti Spanyol, Italia, dan Balkan. Kemudian, pada tahun 1600 permainan ini pun berkembang menjadi catur modern.

Catur diakui secara resmi sebagai cabang olahraga pada tahun 2000 oleh International Olympic Committee (IOC) dan diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Namun, olimpiade catur internasional sebenarnya sudah berlangsung sejak 1927 yang diadakan Fédération Internationale des Échecs (FIDE). United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) bahkan telah menetapkan setiap tanggal 20 Juli sebagai World Chess International, ini merupakan upaya pelestarian dan peningkatan kesadaran warga dunia terhadap catur. 

Tidak cuma memiliki organisasi Internasional, ternyata Indonesia juga punya organisasi olahraga catur namanya Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan, pembinaan, pengembangan, dan koordinasi terkait catur sejak 1950. Untuk Kejuaraan Catur Indonesia pertama kali digelar oleh PERCASI di Surakarta pada 1953.

Meskipun terlihat duduk di depan papan permainan, ternyata olahraga catur memiliki manfaat luar biasa, yakni mampu menjaga kesehatan otak dan mengasah daya ingat, meningkatkan konsentrasi, melatih kemampuan menyusun strategi, serta mengasah kreativitas pemainnya.

Olahraga catur menjadi agenda rutin yang digelar Yayasan BPK PENABUR sebagai salah satu bentuk nyata menyediakan pendidikan holistik bagi pelajar di Indonesia. Tidak hanya sekedar ekstrakurikuler di sekolah, tetapi juga diwujudkan menjadi pertandingan profesional.

Pada tahun ini, Yayasan BPK PENABUR kembali menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang didukung oleh PERCASI dan Sekolah Catur Utut Adianto. Berlangsung pada 9-16 September 2023 bagi peserta didik jenjang TK, SD, SMP, serta SLTA. Sampai saat ini, sebanyak 1400 pelajar dari 38 provinsi di Indonesia telah mendaftarkan diri. 

Bagi kalian yang ingin ikut masih dapat mendaftarkan diri hingga 2 September 2023. Untuk yang berada di wilayah BPK PENABUR Jakarta (Jabodetabek) informasi lebih lanjut dapat menghubungi WhatsApp 0877-8847-0477 (Lucky). Pendaftaran gratis dan terbuka bagi setiap pelajar Indonesia yang ingin bergabung.

Yuk, ikutan keseruannya dan menangkan hadiah jutaan rupiah!

 

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home