Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Selasa, 17 September 2024

Gempa Bumi Dangkal Mengguncang Wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah

Hari ini gempa bumi juga tercatat terjadi di Sarmi, Papua, dan Ujung Kulon, Banten.
Peta lokasi pusat gempa di Banjarnegara. (Foto: BMKG)

BANJARNEGARA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi dangkal mengguncang wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, hari Selasa (17/9/2024). Gempa berkekuatan 3,0 dan pusat gempa pada kedalaman delapan kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pada pukul: 08:15:21 WIB. Pusat gempa tercatat pada koordinat 7.27 Lintang Selatan dan 109.66 Bujur Timur.

Pusat gempa ini berada di darat sekitar 16 kilometer barat laut Banjar Negara, Jawa Tengah. Getarannya tercatat pada skala III MMI.

Gempa Berkekuatan 5,1 Guncang Sarmi, Papua

BMKGjuga mendeteksi gempa 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Sarmi, Papua, hari Selasa (17/9) dini hari pukul 01.53 WIT.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, dilaporkan bahwa pusat gempa tersebut terletak di darat pada kedalaman 24 kilometer dengan koordinat 2.22 LS,139.11 BT atau berjarak 57 kilometer dari arah Tenggara Distrik Sarmi, Sarmi.

Selain Sarmi getaran gempa juga dirasakan di Kabupaten Memberamo, dan Kota Jayapura yang berjarak 178 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG.

Gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat

Gempa di Banten

Selain itu, dilaporkan juga gempa bumi berkekuatan 4,6  yang mengguncang wilayah Ujung Kulon, Banten pada hari  Selasa. Gempa terjadi pada pukul: 5:50:51 WIB dengan koordinat pusat gempa pada 6.9 Lintang Selatan dan 105.63 Bujur Timur.

Pusat gempa ini berada di laut pada kedalaman 34 kilometer sekitar 27 kilometer tenggara Sumur, Banten. Getarannya dirasakan pada skala (MMI) III di Sumur, Muarabinuangeun, Panimbang, Cibaliung, Sindang Kerja, dan Sobang.

Sejauh ini belum ada informasi kerusakan bangunan pada ketiga gempa tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home