Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:22 WIB | Sabtu, 24 Agustus 2024

Gempa Bumi Dangkal Mengguncang Wilayah Luwu Timur

Gempa bumi berkekuatan 5,3 juga mengguncang wilayah NTT.
Peta lokaqsi pusat gempa di Luwu. (Foto: BMKG)

LUWU, SATUHARAPAN.COM-gempa bumi dangkal mengguncang wilayah Luwu Timur, Sulawesi Selatan, hari Jumat (23/8/2024). Kekuatan gempa menurut Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) adalah 4,8 dengan pusat gempa pada kedalaman lima kilometer.

BMKG menyebutkan gempa terjadi pada pukul: 17:30:28 WIB dengan koordinat pusat gempa pada 2.52 LS dan 121.17 BT.

Pusat gempa berada di darat sekitar tujuh kilometer barat laut Luwu Timur. Getaran terkuat diarasakan pada skala (MMI) III – IV di Sorowako, dan skala III di Malili. Namun sejauh ini belum ada informasi tentang kerusakan bangunan akibat gempa itu.

Sebelumnya, gempa bumi menggunjang wilayah Tambolaka, Nusa tenggara Timur (NTT) yang terjadi pada pukul: 10:55:58 WIB . BMKG menyebutkan kekuatan gempa tercatat sebesar 5,3, dengan koordinat pusat gempa pada 9.04 LS dan 119.36 BT.

Kedalaman pusat gempa pada 10 kilometer berada di laut 43 kilometer timurlaut Tambolaka. Getarannya dirasakan terkuat (skala MMI) III-IV di Labuhan Bajo, Tambolaka, dan Sumba Tengah. Namun juga dirasakan pada skala (MMI) III di Dompu, Bima, Sumba Barat, dan Sumba Timur, serta Skala II di Ruteng dan Sumbawa.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home