Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 18:54 WIB | Kamis, 11 September 2014

Guinness World Records 60 Tahun

Guinness World Records 60 Tahun
Inke Siefker dari San Francisco mencetak rekor memanah terjauh menggunakan kaki (6.10 meter). (Foto: Ryan Schude/PA)
Guinness World Records 60 Tahun
Nick Stoeberl, warga California, tercatat sebagai pemilik lidah terpanjang di dunia, 10,1 sentimeter. (Foto: AFP/James Ellerker/Getty Images)
Guinness World Records 60 Tahun
Alley, kucing yang mencatat rekor melompat paling jauh. (Foto: AFP/James Ellerker/Getty Images)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - The Guinness World Records, referensi tahunan terkenal yang merekam keanehan-keanehan di dunia, keindahan, dan prestasi-prestasi paling menakjubkan, merayakan ulang tahun ke-60.

Dari rekor lidah superpanjang hingga jangkauan terjauh kucing melompat, merupakan peristiwa-peristiwa dan penanda unik dan aneh, yang telah disusun untuk buku edisi ulang tahun. Buku edisi terbaru itu menampilkan enam dekade pemecahan rekor, juga menampilkan tambahan hal-hal paling unik dan paling aneh terbaru. Termasuk di dalamnya warga California Nick Stoeberl, yang tercatat sebagai pemilik lidah terpanjang di dunia, 10,1 sentimeter.

Pecandu film asal Inggris, Nick Bennett, mengisi halaman Kompendium. Ia tercatat sebagai kolektor terbesar memorabilia James Bond. Total ia mengumpulkan 12.463 item memorabilia, mulai dari model mobil-mobil Bond hingga poster yang dia pajang di dalam sebuah ruang khusus di rumahnya.

"Saya masih terus mengumpulkan. Masih ada koleksi yang berdatangan hingga hari ini," kata Bennett, yang mulai mengumpulkan memorabilia pada 1995.

Akiko Obata dari Jepang, tercatat memiliki koleksi model makanan dari plastik terbanyak. Lebih dari 8.000 item, termasuk model makanan burger plastik raksasa, donat, dan berbagai jenis masakan, mulai dari sup hingga makanan penutup, menghiasi apartemennya.

Sementara Alley, dari Amerika Serikat, mencatat rekor lompatan terjauh yang mengesankan, 1,83 meter. Alley, kucing berwarna putih, hitam, dan ginger tersebut, melompati jarak dua platform kecil.  

Semua upaya pencapaian rekor dinilai oleh juri pilihan.

Pencatat rekor baru tahun ini termasuk Inke Siefker dari San Francisco, yang mencetak rekor memanah terjauh. Uniknya, dia memanah menggunakan kaki (6.10 meter) sambil berdiri di tangannya.

Sementara itu, di Jerman, seniman Denmark Karsten Maas telah menciptakan tongkat golf terpanjang, 4.39 meter. Maas mengakui penemuannya bukanlah tongkat yang praktis, "berat dan panjang tongkat membuat main golf benar-benar melelahkan. Apalagi saya tidak memiliki caddy!"

Warga London Yannick Read, menciptakan karavan terkecil, berukuran panjang 2,4 meter.
“Karavan mini ini dilengkapi fasilitas ketel sehingga Anda bisa membuat secangkir teh," kata Read dalam video promosi.

Catatan rekor lain termasuk mendayung di lautan untuk Simon Chalk, dan angkat berat dengan jenggot yang dicetak Antanas Kontrimas.

Buku 2015 itu juga memuat catatan rekor 60 tahun terakhir termasuk rekor pelari Inggris Roger Bannister dan penanda industri musik Michael Jackson.

"Ini merupakan tonggak penting untuk edisi Guinness World Records, memberikan kita kesempatan untuk melihat kembali bagaimana catatan telah berubah secara luar biasa selama enam dekade ini," kata editor Craig Glenday.

"Tentu saja, kami masih terus memproses sekitar 50.000 klaim. Itu jumlah tahun lalu saja, memberikan kita banyak rekor baru, yang terus diperbarui, dan menjadi tugas yang sangat sulit untuk memutuskan hasil final." (AFP/businessinsider.com/abc.net.au)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home