Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:29 WIB | Minggu, 12 November 2023

Gunung Api Bawah Laut di Jepang Meletus, Sebuah Pulau Baru Terbentuk

Foto udara menunjukkan asap mengepul dari perairan pulau Ioto, menyusul letusan di Ogasawara, selatan Tokyo, Jepang, pada 30 Oktober 2023. (Foto: dok. Kyodo News via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Sebuah gunung berapi bawah laut meletus di lepas pantai Jepang tiga pekan lalu, memberikan pemandangan langka tentang lahirnya sebuah pulau kecil baru, namun para ahli mengatakan hal itu mungkin tidak akan bertahan lama.

Gunung berapi bawah laut yang tidak disebutkan namanya, terletak sekitar satu kilometer (setengah mil) di lepas pantai selatan Iwo Jima, yang oleh Jepang disebut Ioto, memulai rangkaian letusan terbarunya pada 21 Oktober.

Dalam waktu 10 hari, abu vulkanik dan bebatuan menumpuk di dasar laut dangkal, ujungnya naik ke atas permukaan laut. Pada awal November, itu menjadi pulau baru dengan diameter sekitar 100 meter (328 kaki) dan tinggi 20 meter (66 kaki) di atas laut, menurut Yuji Usui, seorang analis di divisi vulkanik Badan Meteorologi Jepang.

Aktivitas vulkanik meningkat di dekat Iwo Jima dan letusan bawah laut serupa telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, namun pembentukan pulau baru merupakan perkembangan yang signifikan, kata Usui.

Aktivitas vulkanik di lokasi tersebut telah mereda, dan pulau yang baru terbentuk itu agak menyusut karena formasinya yang “rapuh” mudah tersapu gelombang, kata Usui.

Dia mengatakan para ahli masih menganalisis perkembangannya, termasuk rincian depositnya. Pulau baru bisa bertahan lebih lama jika terbuat dari lava atau sesuatu yang lebih tahan lama dibandingkan batuan vulkanik seperti batu apung.

“Kita lihat saja perkembangannya,” katanya. “Tetapi pulau ini mungkin tidak akan bertahan lama.”

Gunung berapi bawah laut dan aktivitas seismik telah membentuk pulau-pulau baru di masa lalu.

Pada tahun 2013, letusan di Nishinoshima di Samudra Pasifik di selatan Tokyo menyebabkan terbentuknya pulau baru, yang terus berkembang selama letusan gunung berapi selama satu dekade.

Juga pada tahun 2013, sebuah pulau kecil muncul dari dasar laut setelah gempa besar berkekuatan 7,7 skala Richter di Pakistan. Pada tahun 2015, sebuah pulau baru terbentuk akibat letusan gunung berapi bawah laut selama sebulan di lepas pantai Tonga.

Dari sekitar 1.500 gunung berapi aktif di dunia, 111 berada di Jepang, yang terletak di “Cincin Api” Pasifik, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Iwo Jima adalah lokasi beberapa pertempuran paling sengit dalam Perang Dunia II, dan foto yang diambil oleh fotografer AP Joe Rosenthal tentang pengibaran bendera di puncak Gunung Suribachi di pulau itu pada tanggal 23 Februari 1945, melambangkan keberanian Marinir Am,Erika Serikat dalam Perang Pasifik. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home