Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:27 WIB | Rabu, 29 November 2023

Hamas Bebaskan Lagi 12 Sandera, Termasuk Dua Warga Asing

Sandera Israel dibebaskan pada hari Selasa, 28 November 2023: Kiri-Kanan Teratas: Ditza Heiman, Tamar Metzger, Noralin Babadila Agojo, Ada Sagi, Meirav Tal; bawah: Rimon Kirsht, Ofelia Roitman, Gabriela Leimberg dan putrinya Mia, Clara Marman. (Foto kombinasi: ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Dua belas sandera dibebaskan dari Jalur Gaza, 10 warga Israel dan dua warga asing, dan tiba pada hari Selasa (28/11) di Israel, kata militer Israel

“Para sandera yang dibebaskan berada… di dalam wilayah Israel,” kata tentara dalam sebuah pernyataan pada hari kelima jeda pertempuran di Jalur Gaza, dan menambahkan bahwa mereka “memberi hormat dan merangkul para sandera yang dibebaskan setelah mereka kembali ke rumah.”

Para sandera yang dibebaskan dari Gaza terdiri dari 12 orang, termasuk 10 warga Israel, seorang anak di bawah umur dan sembilan perempuan, kata Majed Al Ansari, juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, memposting di platform pesan X.

Sebagai imbalannya, Layanan Penjara Israel mengatakan pihaknya membebaskan 30 warga Palestina dari penjara Israel pada hari Selasa malam.

Dalam sebuah pernyataan, layanan penjara mengatakan 30 warga Palestina tersebut dibebaskan dari Penjara Ofer, dekat Ramallah di Tepi Barat, dan dari pusat penahanan di Yerusalem.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan pada hari Selasa (28/11) bahwa pihaknya telah menyelesaikan pembebasan 11 tahanan Palestina dari pusat penahanan Israel dan telah memindahkan mereka ke Ramallah.

Jumlah yang diumumkan oleh ICRC biasanya hanya mencakup orang-orang yang bertanggung jawab langsung untuk dibebaskan oleh organisasi tersebut.

Organisasi netral yang berbasis di Swiss ini ditugaskan untuk membebaskan sandera yang tinggal di Gaza dan warga Palestina di pusat penahanan Israel berdasarkan ketentuan gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas.

Brigade Al Quds, sayap bersenjata gerakan Jihad Islam Palestina, mengatakan melalui akun Telegramnya pada hari Selasa (28/11) bahwa mereka menyerahkan ‘beberapa tahanan sipil’ sebagai bagian dari perjanjian pertukaran dengan Israel.

Hamas telah membebaskan 50 sandera Israel pada Senin (27/11) malam serta 19 orang asing, sebagian besar adalah pekerja pertanian asal Thailand. Israel sejauh ini telah membebaskan 150 tahanan sebelum tindakan pada hari Selasa.

Para sandera termasuk di antara 240 orang yang ditangkap oleh kelompok bersenjata Hamas saat melakukan serangan di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang.

Gencatan senjata ini memberikan kelonggaran pertama bagi Gaza setelah tujuh pekan pemboman intensif Israel yang dipicu oleh serangan Hamas.

Gencatan senjata sedianya akan berakhir pada Selasa malam, namun kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang jeda tersebut guna memungkinkan pembebasan lebih banyak sandera yang ditahan oleh Hamas dan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 15.000 orang dipastikan tewas dalam pemboman Israel di wilayah tersebut, sekitar 40 persen di antara mereka adalah anak-anak, dan banyak lagi yang tewas dikhawatirkan hilang di bawah reruntuhan.

Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang, asalkan Hamas terus membebaskan setidaknya 10 sandera Israel setiap hari. Namun dengan semakin sedikitnya perempuan dan anak-anak yang masih disandera, menjaga agar senjata tetap diam setelah hari Rabu mungkin memerlukan negosiasi untuk membebaskan setidaknya beberapa pria Israel untuk pertama kalinya.

Pada hari Selasa, pasukan Israel dan pejuang Hamas sebagian besar menahan tembakan dan kedua belah pihak menyatakan harapan mereka untuk perpanjangan lebih lanjut dari jeda pertempuran yang telah membuat sebagian besar Jalur Gaza menjadi wilayah yang terpencil.

Lebih dari dua pertiga dari 2,3 juta penduduk Gaza telah kehilangan rumah mereka, dan ribuan keluarga tidur nyenyak di tempat penampungan sementara hanya dengan barang-barang yang bisa mereka bawa.(ToI/Al Arabiya/Kantor Berita)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home