Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Selasa, 12 Desember 2023

Hari Ini Digelar Debat Pertama untuk Calon Presiden Pemilu 2024

Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.
Tiga pasangan Capres-Cawapres pada acara undian nomor urut di KPU. (Foto: dok. Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang peserta undangan membawa alat peraga kampanye dalam acara debat Pilpres 2024 yang akan digelar di KPU hari Selasa (12/12) ini.

"Pada saat debat berlangsung di dalam area debat, sebagaimana kita ketahui di sini, pendukung tidak diperbolehkan atau tidak diperkenankan membawa bahan kampanye dan alat peraga kampanye," kataKetua KPU, Hasyim Asy'ari, di Jakarta, Senin (11/12).

Dijelaskan, atribut yang diperbolehkan adalah yang melekat di tubuh, misalnya pakaian. Nantinya, akan ada pemindaian atau screening sebelum peserta undangan masuk ke area debat. Peserta harus meninggalkan atribut atau alat kampanye jika membawa.

"Begitu masuk arena, tim dari KPU tentu akan melakukan semacam screening atau sterilisasi untuk memastikan bahwa tidak ada alat kampanye yang dibawa oleh tim pendukung, satu-satunya yang boleh adalah yang di baju," ucap dia.

Debat perdana Pilpres 2024 akan digelar di Kantor KPU, Jakarta. Debat pertama dilaksanakan pada hari Selasa (12/12) dan dimulai pukul 19:00 WIB.

Debat pertama akan dikhususkan untuk para calon apresiden. Tema yang ditetapkan adalah pemerintahan, hukum, HAM (hak asasi manusia), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

KPU besama ketiga tim pasangan calon sebelumnya telah menyepakati format dan tema debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilu 2024. Kesepakatan tercapai pada Rapat Koordinasi antara KPU Bersama Ketiga Tim Pasangan Calon yang berlangsung di Kantor KPU, Rabu (6/12).

Format debatnya, pertama untuk debat Capres, debat kedua untuk Cawapres, debat ketiga untuk Capres, debat keempat untuk Cawapres dan debat kelima atau yang terakhir untuk debat Capres.

Adapun untuk topik atau tema debat, pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat kedua bertema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.

Debat ketiga bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Debat keempat bertema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat kelima atau terakhir bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan juga Inklusi.

Tentang nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat, KPU juga memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU hingga hari Jumat, 8 Desember 2023.

“Kemudian, masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan,” kata Hasyim.

Juga disepakati jumlah pendukung masing-masing paslon maksimal adalah 50 orang. “Jadi KPU akan menyiapkan undangan kepada tim pasangan calon 1, 2, dan 3, 50 orang. Nah tentang siapa-siapa-nya kami serahkan kepada masing-masing pasangan calon tentang siapa yang akan diundang atau diberikan undangan tersebut,” kata Hasyim.

Debat pertama, 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di Kantor KPU dan debat berlangsung selama 120 menit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home