Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:17 WIB | Sabtu, 10 Agustus 2024

Hizbullah Makin Mungkin Serang Israel dalam Beberapa Hari Mendatang

Pendukung mendengarkan pidato pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, melalui video, selama upacara peringatan yang menandai pekan pertama sejak terbunuhnya komandan utama Hizbullah, Fuad Shukur, di pinggiran selatan Beirut, Lebanon, pada 6 Agustus 2024. (Foto: Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran tampaknya semakin mungkin menyerang Israel terlepas dari rencana Iran, menurut laporan CNN pada hari Rabu (7/8).

Baik Iran maupun Hizbullah telah bersumpah untuk membalas dendam terhadap Israel setelah pembunuhan komandan utama Hizbullah, Fuad Shukur, di Beirut dan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran baru-baru ini.

Meskipun Israel telah mengonfirmasi serangannya terhadap Shukur, Israel belum mengomentari pembunuhan Haniyeh.

Hizbullah memajukan rencananya lebih cepat daripada Iran dan mungkin melancarkan serangan terhadap Israel "dalam beberapa hari mendatang," kata laporan itu, mengutip sumber yang mengetahui intelijen tersebut.

Di sisi lain, Iran masih menentukan tanggapannya, menurut laporan itu.

Mengingat dekatnya Lebanon dengan Israel, laporan itu mencatat, Hizbullah dapat bertindak dengan sedikit atau tanpa peringatan, tidak seperti Iran, yang lebih jauh.

"Tidak jelas bagaimana atau apakah Iran dan Hizbullah ... berkoordinasi untuk kemungkinan serangan saat ini ... dan ada perasaan di antara beberapa pejabat bahwa keduanya mungkin tidak sepenuhnya selaras tentang cara untuk bergerak maju," tambah laporan itu. (CNN/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home