Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:21 WIB | Jumat, 19 Juli 2024

Hujan Lebat Membanjiri Toronto, Kanada, Terjadi Pemadaman Listrik

Mobil-mobil terdampar di bagian Don Valley Parkway yang terendam banjir setelah hujan lebat melanda Toronto, Ontario, Kanada pada hari Selasa, 16 Juli 2024. (Foto: Reuters)

TORONTO, SATUHARAPAN.COM-Hujan deras pada hari Selasa (16/7) memicu banjir bandang di beberapa bagian Toronto, pusat keuangan Kanada, menyebabkan pemadaman listrik, mengganggu lalu lintas dan memaksa maskapai penerbangan membatasi layanan.

Toronto Hydro, perusahaan distribusi listrik setempat, mengatakan pihaknya menanggapi pemadaman listrik yang tersebar yang diduga disebabkan oleh banjir di stasiun transmisi. Pada pukul 15:00, sekitar 123.000 pelanggan mengalami pemadaman listrik, katanya.

Bandara Billy Bishop, yang terletak di sebuah pulau di lepas pusat kota Toronto, mengatakan terowongan pejalan kaki bawah air yang menuju ke terminal penumpang, terendam banjir dan ditutup sementara. Setidaknya beberapa penerbangan ditunda atau dibatalkan.

Saat makan siang, banyak restoran di pusat kota Toronto yang biasanya ramai menjadi gelap, dengan pekerja dapur dan pelayan berkumpul di luar, mengobrol dan menunggu lampu menyala kembali. Ketika lampu lalu lintas padam, mobil dan truk pengantar barang berhenti di jalan-jalan kota, menyebabkan kemacetan di beberapa persimpangan.

Di seluruh dunia, badai hujan deras semakin sering terjadi karena perubahan iklim, kata para ahli cuaca, sehingga memberikan tekanan besar pada infrastruktur yang di banyak kota tidak dirancang untuk menangani hujan deras yang berkepanjangan.

Komisi Transit Toronto, yang mengoperasikan layanan kereta bawah tanah, bus dan troli, mengatakan kereta api melewati Union Station, terminal kereta api utama kota. Go Transit, yang mengoperasikan layanan kereta api ke dan dari pinggiran kota Toronto, mengatakan banjir telah menyebabkan beberapa gangguan.

Bagian dari Don Valley Parkway, jalan raya utama yang membentang di sebelah timur pusat kota, menyerupai sungai segera setelah hujan mulai turun, dengan gambar yang menunjukkan mobil-mobil terhenti di perairan kecoklatan dengan kedalaman beberapa kaki.

Brandon Rolle, 24 , mengatakan dia terjebak di dalam mobilnya di Don Valley Parkway selama dua jam sebelum petugas pemadam kebakaran datang untuk menyelamatkannya. Namun mobilnya masih tertahan di jalan raya yang terendam banjir hingga bisa diderek, ujarnya.

“Mereka bilang harus menunggu sampai air surut,” katanya.

Hujan berhenti sekitar tengah hari, dan Environment Canada memperkirakan langit akan berawan sebagian sepanjang sisa hari Selasa.

Wali Kota Toronto, Olivia Chow, dalam pengarahan yang disiarkan televisi mengatakan layanan darurat tidak terkena dampak banjir, namun ada genangan air di beberapa bagian Balai Kota.

Perdagangan di Bursa Efek Toronto berjalan seperti biasa, kata TSX. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home