Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 13:08 WIB | Kamis, 09 April 2015

HUT ke-69 TNI AU Dimeriahkan Parade dan Defile Taxyway Echo

HUT ke-69 TNI AU Dimeriahkan Parade dan Defile Taxyway Echo
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto. (Foto-foto: Endang Saputra)
HUT ke-69 TNI AU Dimeriahkan Parade dan Defile Taxyway Echo
Parade Marching Bands

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara  Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto mengatakan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-69 TNI Angkatan Udara pada Kamis (9/4) diperingati dalam bentuk upacara parade dan defile di Taxyway Echo Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta Timur.

Hadi berpendapat selain parade dan defile, rangkaian upacara juga dimeriahkan dengan demo darat dan demo udara.

“Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kepala staf Anggatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna, sementara untuk Komandan Upacara. (Dan up) dijabat oleh Kolonel Pnb Agus Setyawan  yang sehari-hari bertugas sebagai Liason office (LO) Kodim IX Udayana,” kata Hadi di Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

Menurut Hadi tema HUT TNI AU kali ini adalah  "Dilandasi Iman, Taqwa, Militer, Profesional dan Solid TNI Angkatan Udara siap menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta mendukung terwujudnya Poros Maritime Dunia".

Sebanyak 2.140 prajurit dari tujuh batalion dikerahkan untuk melakukan parade dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-69 TNI Angkatan Udara (AU). Acara puncak HUT ke-69 TNI AU mempertontonkan simulasi pembebasan sandera oleh Detasemen Bravo Korpaskhas.

Dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna, upacara dimulai sekira pukul 07.30 WIB. Agus menegaskan bahwa TNI AU siap mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia sembari menjaga kedaulatan dan keutuhan  NKRI.

Pada kegiatan kali ini, prajurit TNI AU juga akan melakukan demo udara berupa penerjunan prajurit Korpaskhas. Lalu ada atraksi terbang bebas enam pesawat CN-295 dari skuadron 2 dan delapan pesawat Hercules C-130 dari skuadron 31.

Selain itu, enam pesawat F-16 Fighting Falcon dari skuadron 3 dan delapan pesawat T-50i Golden Eagle juga akan melakukan terbang bebas di langit Jakarta. Sementara Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan di Malaysia dijadwalkan turut serta dalam atraksi udara dengan enam pesawat andalannya yakni KT-Wong Be.

"Nanti ada demo udara, ada solo aerobatic oleh pesawat tempur T-50i Golden Eagle," kata dia.

HUT TNI AU Tak Dihadiri  Panglima TNI

Peringatan HUT ke-69 TNI AU ini tidak dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Panglima TNI Moeldoko. Tak hanya itu Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu pun tidak hadir dalam acara pucak HUT TNI AU itu.

"Presiden berhalangan katanya ada agenda negara," kata Hadi.

Sementara Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga tak tampak menghadiri acara tersebut. Hadi mengatakan, Moeldoko sedang melaksanakan tugas ke luar negeri. "Kalau panglima sedang berada di Lebanon," kata dia.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sedang menghadiri acara kongres PDIP di Bali. Jokowi dan Iriana berangkat menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Lanud Halim Perdanakusuma, hari ini sekitar pukul 06.30 WIB.

Adapun pembukaan kongres partai berlambang banteng bermoncong putih itu dijadwalkan akan dimulai sekitar pukul 09.00 WITA. Kongres tersebut diagendakan pemilihan Ketua Umum PDIP.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home