Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:23 WIB | Kamis, 27 Juni 2024

ICC Perintahkan Penangkapan Pejabat Militer Rusia Atas Serangan Sasaran Sipil Ukraina

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, kanan, memberi isyarat saat berbicara dengan Kepala Staf Umum Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, sebelum pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan petinggi militer di Moskow, Rusia, Selasa, 19 Desember 2023. Pengadilan Kriminal Internasional (ICC)_ pada hari Selasa mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan menteri pertahanan Rusia dan kepala staf militernya karena menyerang sasaran sipil di Ukraina.(Foto: dok. Sputnik, Kremlin/pool via AP)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) pada hari Selasa (25/6) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan menteri pertahanan Rusia dan kepala staf militernya karena menyerang sasaran sipil di Ukraina.

Pengadilan menuduh mantan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, dan kepala staf, Jenderal Valery Gerasimov, melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan atas tindakan tidak manusiawi.

Pengadilan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa surat perintah penangkapan dikeluarkan karena hakim menganggap ada alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa orang-orang tersebut bertanggung jawab atas “serangan rudal yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia terhadap infrastruktur listrik Ukraina” mulai 10 Oktober 2022 hingga setidaknya 9 Maret 2023.

“Selama jangka waktu ini, sejumlah besar serangan terhadap sejumlah pembangkit listrik dan gardu induk dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia di beberapa lokasi di Ukraina,” tambah pengadilan.

Tidak ada kemungkinan langsung bahwa salah satu tersangka akan ditahan. Rusia bukan anggota pengadilan global, tidak mengakui yurisdiksinya dan menolak menyerahkan tersangka.

Tahun lalu, pengadilan juga mengeluarkan surat perintah kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang menuduhnya bertanggung jawab secara pribadi atas penculikan anak-anak dari Ukraina.

Putin menggantikan Shoigu sebagai menteri pertahanan dalam perombakan kabinet pada bulan Mei saat ia memulai masa jabatan kelima sebagai presiden. Dia menunjuk Shoigu sebagai sekretaris Dewan Keamanan Rusia, kata Kremlin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home