Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:11 WIB | Rabu, 02 Oktober 2024

IDF Sebut Hizbullah Akan Lakukan Invasi Massal Setelah 7 Oktober

Disebutkan Hizbullah berencana lakukan serangan seperti Hamas, namun pasukan Israel secara diam-diam akan menyerbu 1.000 lokasi senjata Hizbullah.
IDF Sebut Hizbullah Akan Lakukan Invasi Massal Setelah 7 Oktober
Terowongan Hizbullah di Lebanon yang diserbu oleh IDF dalam beberapa bulan terakhir, dalam foto yang dirilis oleh IDF pada 1 Oktober 2024. (Foto-foto: IDF via ToI)
IDF Sebut Hizbullah Akan Lakukan Invasi Massal Setelah 7 Oktober
Senjata dan peralatan Hizbullah yang disita oleh IDF dari Lebanon dalam beberapa bulan terakhir, dalam foto yang dirilis oleh IDF pada 1 Oktober 2024.
IDF Sebut Hizbullah Akan Lakukan Invasi Massal Setelah 7 Oktober
Senjata dan peralatan Hizbullah yang disita oleh IDF dari Lebanon dalam beberapa bulan terakhir, dalam foto yang dirilis oleh IDF pada 1 Oktober 2024.
IDF Sebut Hizbullah Akan Lakukan Invasi Massal Setelah 7 Oktober
Senjata dan peralatan Hizbullah yang disita oleh IDF dari Lebanon dalam beberapa bulan terakhir, dipamerkan di Komando Utara IDF di Safed, 1 Oktober 2024.

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengungkapkan pada hari Selasa (1/10) bahwa sebelum secara resmi meluncurkan operasi darat di Lebanon selatan pada hari sebelumnya, pasukannya telah melakukan lusinan serangan lintas batas rahasia selama perang saat ini, menghancurkan banyak posisi, terowongan, dan lokasi Hizbullah.

Militer juga mengungkapkan bahwa beberapa hari setelah serangan massal Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, ribuan teroris telah ditempatkan di dekat perbatasan Lebanon dalam rencana untuk menyerbu Galilea dan melancarkan pembantaian serupa di sana.

IDF memberi pengarahan kepada wartawan tentang informasi baru tersebut sebelum Juru Bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengadakan pengarahan dalam bahasa Ibrani dan Inggris, dengan menyajikan gambar dan peta dari rencana invasi massal yang digagalkan dan menguraikan misi komando rahasia berikutnya di Lebanon selatan, yang membantu kampanye militer untuk membongkar ancaman langsung dan mengusir Hizbullah dari perbatasan.

Militer mengatakan pasukan khusus sejak saat itu telah melakukan lebih dari 70 serangan kecil, menghancurkan banyak posisi Hizbullah, terowongan, dan ribuan senjata yang berpotensi digunakan dalam rencana invasi kelompok teror tersebut.

Menurut IDF, pasukan dalam penyerbuan selama beberapa bulan terakhir diam-diam mencapai sekitar 1.000 lokasi Hizbullah di Lebanon selatan, beberapa di antaranya beberapa kilometer dari pagar perbatasan, termasuk terowongan dan bunker tempat kelompok teror itu menyimpan senjata. IDF mengatakan lokasi-lokasi itu terletak di dalam desa-desa Lebanon dan di daerah hutan.

Penyerbuan itu telah dilakukan sejak awal perang Israel-Hamas, setelah IDF mengatakan berhasil memukul mundur pasukan elite Hizbullah, Radwan, dari daerah perbatasan, yang memungkinkan pasukan komando Israel memasuki Lebanon hampir tanpa terdeteksi. Tidak ada bentrokan langsung dengan operasi Hizbullah di tengah penyerbuan itu.

Menurut penilaian IDF, sekitar 2.400 teroris Radwan dan 500 teroris Jihad Islam Palestina lainnya — yang dilatih oleh Radwan — telah menunggu di desa-desa Lebanon selatan untuk menyerang Israel pada hari-hari setelah kelompok teror Palestina Hamas melakukan invasi massal pada 7 Oktober 2023 dari Gaza, di mana sekitar 1.200 orang dibunuh di Israel dan 251 orang diculik ke Jalur Gaza di tengah kekejaman yang terdokumentasi secara luas dan penargetan sistematis terhadap warga sipil.

Komando Utara IDF telah memperkirakan invasi dari Lebanon pada saat itu dan memperkuat pertahanannya. Dalam pekan-pekan berikutnya, mereka melakukan banyak serangan terhadap operasi dan lokasi Hizbullah di sepanjang perbatasan, yang menyebabkan ribuan teroris Radwan mundur beberapa kilometer ke belakang.

Serangan berikutnya yang dilakukan oleh pasukan komando IDF, termasuk insinyur tempur, terkadang berlangsung tiga hingga empat hari, menurut militer. Secara keseluruhan, operasi selama 200 malam telah dilakukan. Hagari mengatakan puluhan terowongan yang dimaksudkan untuk digunakan selama rencana invasi telah dihancurkan, meskipun ia mencatat bahwa tidak ada yang melintasi wilayah Israel.

"Tentara kami memasuki infrastruktur bawah tanah Hizbullah, mengungkap gudang senjata tersembunyi Hizbullah, dan menyita serta menghancurkan senjata-senjata itu — termasuk senjata canggih buatan Iran," kata Hagari, seraya menambahkan bahwa "masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan."

Juru bicara IDF mengatakan bahwa "Hizbullah telah membangun, menyiapkan, dan melengkapi infrastruktur ini selama bertahun-tahun sebagai persiapan untuk hari ketika mereka akan melakukan invasi ke Israel utara," sebuah rencana yang mirip dengan pembantaian 7 Oktober oleh Hamas.

Militer memperlihatkan kepada wartawan puluhan senjata yang ditemukan oleh pasukan komando dari dalam terowongan dan bunker Hizbullah, termasuk senapan serbu, senapan mesin, RPG, rudal anti tank, alat peledak, ranjau, mortir, dan peralatan seperti walkie talkie — beberapa di antaranya adalah model yang sama dengan perangkat kelompok teror yang diledakkan bulan lalu dalam sebuah operasi yang secara luas dikaitkan dengan Israel, meskipun perangkat yang dipamerkan pada hari Selasa oleh IDF belum meledak saat itu.

Berbicara kepada wartawan di lokasi senjata yang dipamerkan yang ditangkap oleh pasukan komando, Menteri Pertahanan, Yoav Gallant, mengatakan bahwa "semua yang Anda lihat di sini — senjata, rudal, bahan peledak, RPG — ini adalah barang-barang yang ditemukan oleh IDF, dari tempat pasukan Radwan berencana untuk menyerang warga Israel, membunuh mereka dan menculik mereka."

Pejabat militer mengatakan bahwa senjata yang ditemukan kurang dari satu persen dari apa yang telah ditemukan di lokasi Hizbullah. Secara praktis, sulit bagi para prajurit untuk membawa puluhan senjata berat kembali ke negara itu melalui medan yang sulit, tetapi beberapa prajurit tetap menerima tantangannya.

IDF mengatakan bahwa meskipun operasi komandonya telah berhasil, namun itu belum cukup untuk dapat mencapai tujuan perang Israel yang baru ditambahkan — memungkinkan pengembalian yang aman bagi puluhan ribu penduduk Israel utara yang mengungsi ke rumah mereka.

Oleh karena itu, IDF kini telah meluncurkan apa yang digambarkannya sebagai "serangan terbatas, terlokalisasi, dan terarah" di Lebanon selatan, yang dilakukan oleh seluruh divisi, dengan tujuan menghancurkan infrastruktur Hizbullah di daerah perbatasan.

Operasi tersebut memiliki banyak tujuan yang sama dengan serangan komando, tetapi sekarang tentara dapat lebih aktif dalam kegiatannya, menghancurkan jaringan terowongan dan situs lain yang biasanya tidak dapat dihancurkan oleh pasukan kecil yang beroperasi secara diam-diam. Sebelumnya, IDF akan menyerang situs Hizbullah yang diserbu dari udara setelah pasukan ditarik.

Pejabat militer mengatakan IDF berencana untuk memperkuat pertahanan dan pengawasannya di perbatasan setelah operasi darat terhadap kelompok teror tersebut, dan memastikan Hizbullah tidak kembali ke daerah tersebut.

IDF Tidak Akan ke Beirut

Dalam pengarahannya, Hagari, juru bicara militer, mengatakan bahwa pasukan IDF tidak akan memasuki Beirut atau kota-kota besar mana pun di Lebanon, seraya menambahkan bahwa operasi darat akan sesingkat mungkin.

Berbicara dalam bahasa Inggris setelah pengarahan serupa dalam bahasa Ibrani kepada wartawan, Hagari mengatakan pasukan Israel “tidak akan ke Beirut. Kami tidak akan ke kota-kota di Lebanon selatan. Kami fokus pada wilayah desa-desa tersebut, wilayah di sebelah perbatasan kami. Kami akan melakukan apa yang diperlukan di wilayah ini untuk membongkar dan menghancurkan infrastruktur Hizbullah.”

Ketika ditanya berapa lama operasi darat kemungkinan akan berlanjut, Hagari berkata: “Saya tidak akan mengungkapkannya kepada musuh, tetapi kami melakukannya sesingkat mungkin, beberapa hari, beberapa pekan… Kami akan melakukan hal yang diperlukan.”

Hagari mengatakan IDF bertindak “untuk memungkinkan semua 60.000 (pengungsi) Israel untuk kembali dengan aman ke rumah mereka di Israel utara.” Militer kemudian mengatakan bahwa setelah penilaian, mereka memanggil empat brigade cadangan serta pasukan lain untuk mengambil bagian dalam operasi yang sedang berlangsung di garis depan utara. Brigade Israel umumnya terdiri dari beberapa ribu tentara.

Militer mengatakan memanggil pasukan cadangan tambahan "akan memungkinkan kelanjutan perang melawan organisasi teror Hizbullah."

IDF melihat peluang bahwa serangan besar baru-baru ini terhadap Hizbullah, yang menewaskan seluruh pimpinan puncaknya, dapat menyebabkan perubahan keseimbangan kekuatan di Lebanon, dengan pemerintah mendapatkan kembali kendali atas wilayah-wilayah di negara itu, terutama di selatan, dari tangan kelompok yang didukung Iran.

Namun, IDF telah menilai bahwa Hizbullah masih memiliki kemampuan menembakkan roket dan rudal, yang ditandai dengan rentetan serangan pada hari Selasa (1/10) pagi di Israel tengah yang menyebabkan dua orang terluka. Pejabat militer mengatakan bahwa militer tidak bertujuan untuk "menguras lautan" dan menghancurkan setiap roket terakhir, tetapi akan berusaha untuk melucuti senjata kelompok teror tersebut sebanyak mungkin.

"Kami memperluas operasi IDF di Lebanon selatan," Gallant, menteri pertahanan, mengatakan kepada wartawan. “Kami melenyapkan organisasi Hizbullah di Lebanon selatan dan memotong sayapnya, pasukan Radwan, di sepanjang garis kontak.

“Apa yang akan kami lakukan di sini adalah ungkapan makna mengembalikan penduduk utara ke rumah mereka dengan aman,” janjinya. “Kami mengubah situasi keamanan, dari awal hingga akhir.”

Sejak 8 Oktober, pasukan pimpinan Hizbullah telah menyerang komunitas Israel dan pos militer di sepanjang perbatasan hampir setiap hari, dengan kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka melakukannya untuk mendukung Gaza di tengah perang di sana.

Sejauh ini, pertempuran telah mengakibatkan 26 kematian warga sipil di pihak Israel, serta kematian 22 tentara dan cadangan IDF. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa ada yang terluka.

Sebelum eskalasi dua pekan terakhir, Hizbullah telah menyebutkan 516 anggota yang dibunuh oleh Israel selama pertempuran, sebagian besar di Lebanon tetapi beberapa juga di Suriah. Sebanyak 92 anggota kelompok teroris lainnya, seorang tentara Lebanon, dan puluhan warga sipil juga tewas.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan lebih dari 1.000 warga Lebanon tewas dan 6.000 lainnya luka-luka dalam dua minggu terakhir, tanpa menyebutkan berapa banyak warga sipil yang tewas. Israel mengatakan bahwa banyak anggota Hizbullah termasuk di antara yang tewas. Satu juta orang — seperlima dari populasi — telah meninggalkan rumah mereka, kata pemerintah. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home