Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:44 WIB | Senin, 30 September 2024

Ilmuwan Uji Teori Bom Nuklir Untuk Tangkis Asteroid Yang Ancam Bumi

Pesawat ruang angkasa Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART) NASA sebelum menghantam sistem asteroid biner Didymos ditunjukkan dalam selebaran ilustrasi yang tidak bertanggal ini. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Umat manusia dapat menggunakan bom nuklir untuk menangkis asteroid besar yang mengancam jiwa yang akan meluncur ke Bumi di masa mendatang, menurut para ilmuwan yang menguji teori tersebut di laboratorium dengan menembakkan sinar-X ke "asteroid tiruan" seukuran kelereng.

Uji coba pertahanan planet kita yang terbesar di dunia dilakukan pada tahun 2022, ketika pesawat ruang angkasa DART seukuran lemari es milik NASA menabrak asteroid selebar 160 meter (525 kaki), dan berhasil menjatuhkannya jauh dari jalurnya.

Namun, untuk asteroid yang lebih besar, menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid tersebut mungkin tidak akan berhasil.

Ketika asteroid Chicxulub selebar sekitar 10 kilometer menghantam semenanjung Yucatan sekitar 66 juta tahun yang lalu, diyakini telah menjerumuskan Bumi ke dalam kegelapan, mengirimkan tsunami setinggi beberapa kilometer yang mengguncang dunia dan membunuh tiga perempat dari semua kehidupan -- termasuk memusnahkan dinosaurus.

Kita manusia berharap untuk menghindari nasib yang sama.

Tidak ada ancaman saat ini yang mengancam, tetapi para ilmuwan telah berupaya untuk mencegah asteroid besar apa pun yang dapat mendatangi kita di masa mendatang.

Sebuah teori terkemuka adalah meledakkannya dengan bom nuklir -- rencana terakhir yang terkenal digambarkan dalam film aksi fiksi ilmiah tahun 1998 "Armageddon".

Dalam film tersebut, Bruce Willis dan tim pengebor yang gagah berani menyelamatkan Bumi dari asteroid selebar 1.000 kilometer -- kira-kira seukuran Texas.

Untuk studi pembuktian konsep yang diterbitkan dalam jurnal Nature Physics pekan ini, tim ilmuwan AS bekerja pada skala yang jauh lebih kecil, membidik asteroid tiruan yang lebarnya hanya 12 milimeter (setengah inci).

Untuk menguji apakah teori itu akan berhasil, mereka menggunakan apa yang disebut sebagai mesin sinar-X terbesar di dunia di Sandia National Laboratories di Albuquerque, New Mexico.

Mesin itu mampu menghasilkan "kilatan sinar-X paling terang di dunia dengan menggunakan listrik 80 triliun watt", kata Nathan Moore dari Sandia, penulis utama studi itu, kepada AFP.

Sebagian besar energi yang dihasilkan oleh ledakan nuklir berbentuk sinar-X. Karena tidak ada udara di luar angkasa, tidak akan ada gelombang kejut atau bola api. Namun, sinar-X tetap memiliki daya ledak yang kuat.

Diubah Menjadi Mesin Roket

Untuk percobaan laboratorium, sinar-X dengan mudah menguapkan permukaan asteroid tiruan.

Material yang menguap tersebut kemudian mendorong asteroid tiruan tersebut ke arah yang berlawanan, sehingga secara efektif "berubah menjadi mesin roket," kata Moore.

Kecepatannya mencapai 250 kilometer per jam, "hampir secepat kereta api berkecepatan tinggi," tambahnya.

Uji coba tersebut menandai pertama kalinya prediksi tentang bagaimana sinar-X akan memengaruhi asteroid telah dikonfirmasi, kata Moore. "Ini benar-benar membuktikan bahwa konsep ini dapat berhasil."

Para ilmuwan menggunakan pemodelan untuk meningkatkan skala percobaan mereka, memperkirakan bahwa sinar-X dari ledakan nuklir dapat membelokkan asteroid hingga selebar empat kilometer -- jika diberi pemberitahuan sebelumnya.

Asteroid terbesar adalah yang paling mudah dideteksi sebelumnya, jadi "pendekatan ini bisa sangat layak" bahkan untuk asteroid seukuran Chicxulub yang membunuh dinosaurus, kata Moore.

Percobaan tersebut didasarkan pada penggunaan senjata nuklir seberat satu megaton. Yang terbesar yang pernah diledakkan adalah Tsar Bomba Uni Soviet seberat 50 megaton.

Jika ada misi penyelamatan planet di masa depan, bom nuklir harus ditempatkan dalam jarak beberapa kilometer dari asteroid -- dan jutaan kilometer jauhnya dari Bumi, kata Moore.

Asteroid Dalam Berbagai Bentuk

Menguji teori menggunakan nuklir sungguhan akan berbahaya, sangat mahal -- dan dilarang oleh perjanjian internasional. Namun, masih banyak yang harus ditemukan sebelum uji berisiko tinggi tersebut.

Ketidakpastian terbesar saat ini adalah bahwa asteroid dapat "datang dalam berbagai bentuk", kata Moore. "Kita harus siap menghadapi setiap skenario."

Misalnya, asteroid yang ditabrak DART, Dimorphos, ternyata merupakan tumpukan puing yang tidak menyatu.

Misi Hera Badan Antariksa Eropa dijadwalkan akan diluncurkan bulan depan dalam misi untuk mengetahui lebih lanjut tentang komposisinya -- dan detail lebih lanjut tentang bagaimana DART menghancurkannya.

Mary Burkey, seorang ilmuwan staf di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California yang tidak terlibat dalam studi baru tersebut, telah menjalankan simulasi komputer tentang penggunaan senjata nuklir di asteroid.

Ia memuji studi tersebut, dengan mengatakan bahwa "mampu mencocokkan perhitungan saya dengan data kehidupan nyata meningkatkan kredibilitas hasil saya."

Simulasinya juga menunjukkan bahwa misi semacam itu "akan menjadi cara yang sangat efektif untuk mempertahankan planet Bumi", kata Burkey kepada AFP. "Namun, agar berhasil, harus ada cukup waktu setelah misi agar dorongan kecepatan ekstra dapat memindahkan lintasan asteroid dari Bumi." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home