Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:32 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Israel Serang Sasaran di Damaskus, Suriah, Termasuk Gudang Senjata

Personil keamanan dan darurat mencari korban di puing-puing bangunan yang hancur dalam serangan Israel yang dilaporkan di Damaskus pada 20 Januari 2024. (Foto: dok. AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Seorang pemantau perang mengatakan serangan Israel di Suriah pada hari Minggu (17/3) pagi menargetkan setidaknya dua lokasi di Provinsi Damaskus termasuk gudang senjata, sementara media pemerintah mengatakan seorang tentara terluka dalam serangan itu.

Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap sasaran-sasaran di Suriah sejak perang saudara pecah pada tahun 2011, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran, termasuk militan dari gerakan Hizbullah Lebanon serta posisi tentara Suriah.

Serangan tersebut meningkat sejak perang Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas, sekutu Hizbullah, dimulai pada 7 Oktober.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, “rudal Israel” menargetkan gudang senjata milik militer Suriah dan digunakan oleh Hizbullah di pegunungan al-Qalamoun di Provinsi Damaskus.

Lokasi lain di dekat batalion tentara di wilayah yang sama juga menjadi sasaran, tambah Observatorium yang berbasis di Inggris, melaporkan adanya kebakaran di salah satu lokasi.

Kantor berita negara Suriah, SANA, yang memuat pernyataan dari sumber militer, mengatakan bahwa “musuh Israel melancarkan serangan udara… menargetkan sejumlah titik di wilayah selatan,” tanpa menyebutkan lokasinya.

Dikatakan seorang tentara terluka dalam serangan itu dan melaporkan “kerugian material,” dan menambahkan bahwa sistem pertahanan udara menembak jatuh beberapa rudal.

Awal bulan ini, serangan Israel menewaskan seorang Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan dua orang lainnya di Banias di pantai Mediterania Suriah, menurut laporan, dalam hari ketiga berturut-turut serangan Israel di negara tersebut.

Pekan ini, tentara Israel mengatakan mereka telah menyerang sekitar 4.500 sasaran Hizbullah di Lebanon dan Suriah selama lima bulan terakhir.

Israel jarang mengomentari serangan individu namun berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan Iran memperluas kehadirannya di Suriah. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home