Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:12 WIB | Kamis, 11 Agustus 2022

Israel Tembak Tiga Gerilyawan Palestina

Demonstran Palestina bentrok dengan tentara Israel saat pasukan melakukan operasi di kota Nablus, Tepi Barat, Selasa, 9 Agustus 2022. (Foto: AP/Majdi Mohammed)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Israel membunuh tiga gerilyawan Palestina dan melukai puluhan lainnya dalam baku tembak yang meletus selama serangan penangkapan di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada hari Selasa (9/8).

Baku tembak itu terjadi sehari setelah gencatan senjata mengakhiri tiga hari pertempuran antara Israel dan kelompok militan Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza.

Dalam insiden terpisah di kota Hebron, Tepi Barat, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang anak berusia 17 tahun tewas oleh tembakan Israel. Militer Israel mengatakan pasukan menanggapi dengan tembakan langsung, antara lain, untuk protes kekerasan.

Polisi Israel mengatakan pasukan keamanan mengepung rumah Ibrahim al-Nabulsi, yang menurut mereka dicari karena serangkaian penembakan di Tepi Barat awal tahun ini. Mereka mengkonfirmasi bahwa al-Nabulsi dan militan Palestina lainnya tewas dalam baku tembak di tempat kejadian, dan pasukan menemukan senjata dan bahan peledak di rumahnya.

Militer Israel mengatakan bahwa pasukan mendapat serangan dari warga Palestina yang melemparkan batu dan bahan peledak, dan tentara membalas dengan tembakan langsung. Ini mengkonfirmasi warga Palestina ditembak, tetapi tidak merinci kondisi mereka.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan tiga orang tewas: al-Nabulsi, Islam Sabouh dan Hussein Jamal Taha, dan sedikitnya 40 orang terluka.

Sayap bersenjata partai Fatah pimpinan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, Brigade Martir Al-Aqsa, kemudian mengklaim ketiganya sebagai anggotanya dan bersumpah akan melakukan pembalasan. Partai Fatah mengatakan organisasi itu “berkabung atas putra-putranya yang mati syahid” dan mengatakan ketiganya telah “mengorbankan hidup mereka untuk membela orang-orang hebat kami dan hak mereka untuk kebebasan dan kemerdekaan.”

Israel telah melakukan serangan penangkapan hampir setiap malam di Tepi Barat dalam beberapa bulan terakhir sebagai bagian dari tindakan keras terhadap kelompok-kelompok militan Palestina, terutama Jihad Islam, setelah serangkaian serangan mematikan yang menargetkan warga Israel awal tahun ini yang menewaskan 19 orang. Puluhan warga Palestina telah tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel selama serangan penangkapan ini.

Pekan lalu, Israel menangkap Bassam al-Saadi, seorang militan senior Jihad Islam di kota Jenin, Tepi Barat, dalam salah satu operasi malam. Kelompok itu mengatakan "waspada", dan pada hari Jumat, Israel meluncurkan serangkaian serangan terhadap target Jihad Islam di Jalur Gaza dalam apa yang dikatakan sebagai tanggapan terhadap "ancaman segera" oleh kelompok militan.

Selama tiga hari pertempuran Gaza, sedikitnya 46 warga Palestina tewas, termasuk 16 anak-anak dan empat perempuan, dan 311 terluka, kata Kementerian Kesehatan Palestina. Dua belas dari mereka yang tewas adalah militan Jihad Islam, satu dari kelompok bersenjata yang lebih kecil, dan dua adalah polisi yang berafiliasi dengan Hamas yang tidak ambil bagian dalam pertempuran, menurut faksi bersenjata.

Israel memperkirakan bahwa total 47 warga Palestina tewas, termasuk 14 tewas oleh roket Jihad Islam yang gagal ditembakkan. Dikatakan 20 militan dan tujuh warga sipil tewas dalam serangan udara Israel dan masih menyelidiki enam kematian.

Perdana Menteri sementara Israel, Yair Lapid, memuji kerja sama personel keamanan Israel dan mengatakan bahwa pembunuhan al-Nabulsi “adalah langkah lain dalam perjuangan tanpa kompromi kami melawan terorisme.”

Nabil Abu Rdeneh, juru bicara Abbas, memperingatkan bahwa kekerasan yang terus berlanjut dapat memicu lebih lanjut wilayah tersebut, dan menuduh pemerintah Israel menumpahkan darah Palestina untuk mengamankan modal politik internal menjelang pemilihan parlemen bulan November.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, ditanya tentang pembunuhan hari Selasa, mengatakan: “Kami, jelas, sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan yang telah kita lihat di Tepi Barat yang diduduki, termasuk pembunuhan hari ini tiga warga Palestina di Nablus dan satu di Hebron, menyusul bentrokan dengan pasukan keamanan Israel.”

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, “menyeru semua pihak untuk menunjukkan ketenangan dan menyerukan kepada otoritas terkait untuk melakukan penyelidikan yang independen dan transparan terhadap semua kematian dan cedera,” kata Dujarric.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967 dan Palestina mencarinya sebagai jantung negara masa depan mereka. Israel memandang Tepi Barat sebagai jantung alkitabiah dan sejarah orang-orang Yahudi, dan telah membangun lusinan pemukiman, sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 400.000 orang Israel.

Orang-orang Palestina dan sebagian besar komunitas internasional menganggap permukiman Tepi Barat Israel sebagai pelanggaran hukum internasional dan hambatan bagi resolusi damai dari konflik selama beberapa dekade. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home