Loading...
SAINS
Penulis: Melki 20:29 WIB | Sabtu, 19 Oktober 2024

Jaga Kesehatan Usus untuk Kulit Sehat

Arsip foto - Dokter memeriksa pasien dengan radang kulit dalam kegiatan pelayanan kesehatan di Badung, Bali, Sabtu (16/3/2024). ANTARA.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dokter mengemukakan pentingnya menjaga kesehatan usus dalam upaya perawatan kulit, termasuk di antaranya dengan menerapkan pola makan yang sehat.

"Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit, maka Anda perlu menambahkan kesehatan usus ke rutinitas perawatan kulit Anda," kata dokter bedah dan kreator kesehatan Dr. Karan Rajan sebagaimana dikutip oleh Hindustan Times pada Jumat (18/10).

"Misalnya, kita tahu bahwa mengonsumsi makanan berwarna yang kaya akan pigmen karotenoid seperti tomat, wortel, dan paprika telah terbukti dapat menghasilkan cahaya keemasan yang sangat kecil namun kentara pada kulit, dan tentu saja makanan yang sama juga kaya akan serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi lapisan usus dan bakteri usus Anda," ia menjelaskan.

Dia juga mengemukakan pentingnya memahami pengaruh mikroba usus terhadap kesehatan kulit.

Menurut dia, anak-anak dengan eksim rata-rata memiliki lebih sedikit mikroba usus yang baik, dan penelitian baru menunjukkan bahwa probiotik yang mengandung campuran lactobacilli dan bifidobacterium dapat membantu memperbaiki gejala eksim pada anak-anak.

"Probiotik dapat mendukung jenis bakteri baik tertentu, yang berarti peningkatan produksi senyawa antiradang alami. Hal ini dapat mengubah sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit," katanya.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin A, C, dan E, dokter Rajan mengatakan, tidak ada salahnya memperbanyak konsumsi makanan nabati yang mengandung probiotik seperti bawang putih, bawang bombai, dan pisang.

"Menyertakan ini dalam diet dapat meningkatkan populasi bakteri baik," kata Rajan.

Dalam kasus tertentu, suplemen probiotik mungkin bermanfaat. Namun, lebih baik berkonsultasi dulu dengan profesional kesehatan sebelum memasukkan suplemen ke dalam diet rutin.

Selain mengatur makan, mengurangi stres, berolahraga secara teratur, dan tidur cukup juga berdampak positif terhadap kondisi mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home