Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 10:25 WIB | Rabu, 14 Agustus 2024

James Adhimulia, Pelajar SMAK 1 PENABUR Raih Perunggu di International Chemistry Olympiad 2024

James Adhimulia, Pelajar SMAK 1 PENABUR Raih Perunggu di International Chemistry Olympiad 2024
James Adhimulia, siswa SMAK 1 PENABUR, peraih medali perunggu dalam International Chemistry Olympiad (IChO) ke-56 pada 21-30 Juli 2024 di Riyadh, Saudi Arabia. (foto : BPKPJakarta)
James Adhimulia, Pelajar SMAK 1 PENABUR Raih Perunggu di International Chemistry Olympiad 2024
James disambut Kepala Sekolah, Guru dan teman- temannya di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta (Foto : BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Meski harus mengorbankan waktu bermain dengan teman-teman, James Adhimulia, siswa SMAK 1 PENABUR, dengan penuh kebahagiaan mengukir prestasi di ajang bergengsi International Chemistry Olympiad (IChO) ke-56 yang berlangsung pada 21-30 Juli 2024 di Riyadh, Saudi Arabia.

Perjalanan Menuju Prestasi
Sejak pertama kali mengenal kimia di bangku SMA, James jatuh hati pada mata pelajaran tersebut. Dia memulai dari nol dan meraih perunggu di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. Dengan tekun, James mengikuti tahapan pelatihan nasional hingga terpilih untuk berkompetisi di IChO ke-56 bersama tiga rekannya dari Indonesia.

Diikuti oleh siswa dari 87 negara, James membawa pulang medali perunggu, mengukir prestasi dalam ajang yang telah diselenggarakan sejak 1968.

Dukungan Sekolah dan Teman-teman
Dalam mempersiapkan diri, dukungan teman-teman dan sekolah sangat berarti bagi James. “Mereka membantuku dalam tugas-tugas sekolah selama absen mengikuti pelatnas. Selain itu, saat waktu luang, aku sempat bermain games bersama mereka,” tutur James yang menggemari game online. Dukungan sekolah pun tak kalah penting. SMAK 1 PENABUR menyediakan Science Club Jenjang (SCJ) untuk pembekalan pelatnas.

Cita-cita dan Tips Sukses
Setelah sukses mengharumkan nama Indonesia, James kini bersiap untuk kuliah di Kyoto University, Jepang, jurusan teknik kimia. “Aku mempersiapkan diri dengan belajar bahasa Jepang dan materi SMA di sana,” jelas James.

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti jejaknya, James membagikan beberapa tips: menguasai kimia dasar, rajin membaca buku terutama Kimia Anorganik, dan mencari metode belajar yang efektif sesuai diri sendiri.

Keberhasilan James menjadi momentum positif menjelang HUT RI ke-79 dengan tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’, menuju Indonesia emas 2045, di mana generasi muda seperti James berperan penting dalam perjuangan dan pengorbanan.

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home