Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:17 WIB | Selasa, 10 Juni 2014

Jelang Piala Dunia, Ghana Hajar Korsel

Penyerang Ghana, Andre Ayew (kanan) berusaha melakukan tendangan voli akan tetapi bola masih diblok gelandang bertahan Korea Selatan, Hwang Seok Hoo (kaus merah).(Foto:fifa.com)

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM – Ghana yang  berpartisipasi pada Piala Dunia 2014 dan kebetulan sedang memusatkan latihan di Amerika Serikat menghajar Korea Selatan (Korsel) 4-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Sun Life, Florida, Selasa (10/6) pagi WIB.

Ghana merupakan peserta Piala Dunia Grup G bersama dengan Portugal, Amerika Serikat, dan Jerman, sementara Korsel berada di Grup H bersama dengan Rusia, Belgia, dan Aljazair.

Pelatih Ghana, Kwesi Appiah, membuat beberapa perubahan di susunan pemain inti, berbeda dengan yang dia tampilkan saat Ghana takluk 0-2 dari Belanda di partai Persabatan beberapa minggu yang lalu.

Asamoah menempati  bek kiri dalam kuartet defensif bersama Jonathan Mensah, John Boye, Harrison Afful untuk melindungi kiper Ghana, Fatawu Dauda.

Sulley Muntari dan Mohammed Rabiu berlabuh lini tengah, belakang Kevin-Prince Boateng, Andre Ayew dan Waris, dengan Asamoah Gyan di depan.

Sementara Pelatih Korea Selatan Hong Myung-bo membuat perubahan pada lini depan, berbeda dengan yang ditampilkan tatkala Korsel takluk 0-1 atas Tunisia pada akhir Mei lalu, yakni dengan menampilkan dua striker yang bermain di  klub Liga Korsel, Kwak Tae Hwi dan Kim Chang Soo (keduanya di Pohang Steelers).

Andre Ayew mengawali kemenangan Ghana dengan gol menit keenam, beberapa menit kemudian Ayew memiliki kesempatan menggandakan keunggulan akan tetapi bola yang menuju kiper Korea Selatan  malah mengenai rekannya, Gyan. Menjelang akhir babak pertama Gyan menggandakan keunggulan Ghana menit ke-44.

Son Heung-min memiliki kesempatan membalas bagi Korsel, akan tetapi bola yang dia tendang membentur tiang  pada awal babak kedua. 

Ayew semakin memperlihatkan keperkasaannya pada babak kedua yakni dengan mencetak hattrick (tiga gol) bagi Ghana dan menutup kemenangan salah satu wakil Afrika ini dengan kemenangan 4-0, lewat dua gol yang dia cetak menit ke-53 dan ke-89.

Ghana memulai pertandingan pertama Piala Dunia menghadapi Amerika Serikat pada Selasa (17/6) pagi WIB, sementara Korsel sehari kemudian, Rabu (18/6) pagi WIB menghadapi Rusia. (soccerway.com/fifa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home