Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:47 WIB | Senin, 18 Desember 2023

Jokowi Memimpin Bersama KTT ASEAN-Jepang di Tokyo

KTT ASEAN-Jepang di Tokyo, Minggu (17/12). (Foto: Kemlu)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo memimpin bersama PM Jepang pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Tokyo, Jepang, hari Minggu (17/12).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, “Hasilnya harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan, dan penguatan rantai pasok.”

Jokowi tiba di Tokyo disambut oleh Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. "KTT ASEAN-Jepang ini juga merupakan kegiatan besar terakhir keketuaan Indonesia di ASEAN," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya pada Sabtu (16/12).​

Jokowi mengatakan bahwa kemitraan ASEAN-Jepang harus berorientasi masa depan. Untuk itu, ASEAN berharap Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif dapat terus menjadi trusted partner dalam mewujudkan Asia Timur dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang tangguh dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

“Kita semua bertanggung jawab menjaga kedamaian, stabilitas dan inklusivitas kawasan melalui penguatan habit of dialogue and cooperation,” kata Jokowi.

Dia berharap kemitraan ASEAN-Jepang juga dilandasi pernyataan visi bersama dan rencana implementasi yang akan dihasilkan dari KTT ini. Tidak hanya itu, hasil KTT ini juga diharapkan dapat mendukung visi Komunitas ASEAN 2045.

“Saya berharap this new generation partnership dapat menjadi jangkar bagi kemakmuran, perdamaian, dan stabilitas kawasan kita bersama,” kata Presiden.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home