Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Kamis, 16 Mei 2024

Kanada Perintahkan Evakuasi Ribuan Warga Akibat Kebakaran Hutan

Asap mengepul dari kebakaran hutan di Kawasan Hutan Grande Prairie dekat TeePee Creek, Alberta, Kanada pada hari Jumat, 10 Mei 2024. (Foto: Reuters)

BRITISH COLUMBIA, SATUHARAPAN.COM-Kebakaran hutan besar pertama di musim ini telah menyebar ke sekitar 8.000 hektare di seluruh Kanada Barat pada hari Minggu (12/5) ketika pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi bagi komunitas di British Columbia dan memperingatkan kualitas udara yang buruk di seluruh provinsi.

Di British Columbia, ribuan penduduk di Kotamadya Regional Rockies Utara dan Fort Nelson First Nations dievakuasi ketika api di dekatnya menyebar hingga 2.483 hektare.

Walikota Regional Rockies Utara, Rob Fraser, dalam sebuah wawancara TV mengatakan sebagian besar dari 3.500 penduduk di dalam dan sekitar Fort Nelson telah dievakuasi.

Fort Nelson First Nation, tujuh kilometer (4,35 mil) dari kota, juga mengeluarkan perintah evakuasi untuk Fontas, sebuah komunitas Pribumi.

Di seberang perbatasan di Alberta, penduduk Fort McMurray, pusat minyak yang mengalami kerusakan parah akibat kebakaran hutan pada tahun 2016, diminta bersiap untuk pergi.

Alberta mengatakan dua kebakaran hutan terjadi secara ekstrim dan di luar kendali, termasuk satu kebakaran yang terletak 16 kilometer barat daya Fort McMurray. Luasnya meningkat secara signifikan selama akhir pekan menjadi 5.500 hektare, jauh lebih besar dari apa yang dilaporkan pada hari Jumat (10/5).

Pada hari Minggu (12/5), pihak berwenang mengatakan api telah mereda tetapi diperkirakan akan meningkat seiring dengan meningkatnya suhu. Angin dari tenggara diperkirakan akan mendorong api menjauh dari jalan raya utama dan menuju Sungai Athabasca.

Fraser mengatakan kebakaran dipicu oleh pohon yang tumbang akibat angin kencang yang menimpa kabel listrik.

Enam awak petugas pemadam kebakaran hutan belantara, 13 helikopter dan kapal tanker udara sedang menjinakkan api pada hari Minggu, kata pihak berwenang Alberta.

Peringatan evakuasi diberlakukan di Fort McMurray, Saprae Creek Estates dan diperluas ke Gregoire Lake Estates dan Rickards Landing Industrial Park.

Meskipun tidak ada risiko langsung terhadap komunitas-komunitas ini, peringatan ini memastikan warga siap untuk mengungsi jika kondisi berubah. Asap di Fort McMurray pada hari Sabtu berasal dari kebakaran di British Columbia utara, kata Alberta.

Environment Canada mengeluarkan pernyataan kualitas udara khusus yang membentang dari British Columbia hingga Ontario pada hari Minggu.

Pemerintah federal telah memperingatkan Kanada akan menghadapi musim bencana kebakaran lainnya karena negara tersebut memperkirakan suhu musim semi dan musim panas akan lebih tinggi dari biasanya di sebagian besar wilayah negara tersebut, yang dipicu oleh kondisi cuaca El Nino.

Kanada mengalami salah satu musim dingin terhangat dengan tingkat salju yang rendah hingga tidak ada sama sekali di banyak wilayah, sehingga meningkatkan kekhawatiran menjelang musim panas yang memicu kebakaran di hutan dan lahan liar di tengah kekeringan yang sedang berlangsung. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home