Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 20:53 WIB | Selasa, 14 April 2015

Kartunis Perempuan Perjuangkan Palestina Lewat Novel Grafis

Leila Abdelrazzaq. (Foto: instagram)

SATUHARAPAN.COM – Leila Abdelrazzaq, kartunis Amerika keturunan Palestina memperjuangkan kehidupan orang Palestina melalui novel grafis buatannya. Bukunya diluncurkan April 2015. Novel grafis fenomena baru di Palestina.

Baddawi (2015) adalah novel grafis—untuk membedakan dengan komik yang  terbit periodik—berkisah tentang seorang anak yang dibesarkan di sebuah kamp pengungsi di Lebanon utara. Itu adalah kisah pedih berdasarkan kehidupan ayah Leila. Eponim Baddawi adalah kamp pengungsi tempat Ahmad lahir setelah pengusiran orangtuanya dari Palestina pada 1948. Diterbitkan dan diluncurkan minggu ini novel grafis ini adalah salah satu dari beberapa novel grafis yang berusaha menangkap kehidupan masyarakat Palestina di pengasingan yang kacau dalam keseharian.

Pergi ke sekolah, belajar, ke perpustakaan—aktivitas yang membutuhkan ukuran kepastian tertentu dan tergantung pada aturan, konvensi, dan lembaga—diguncangkan ke inti cerita dengan pertanyaan tentang penanganan perang, persenjataan, dan identitas nasional. Sedangkan kepastian harapan masa dikontraskan dengan kondisi tidak pasti akibat perang dan pengasingan. Kontras ini tidak hanya menggelegar, tapi pedih ketika diwakili melalui gaya sederhana Abdelrazaq tentang ilustrasi yang menekankan keremajaan, memori masa kecil, dan pertumbuhan menuju dewasa. Buku terbitan Just World Books ini semua dituangkan dalam bentuk grafis baru. (Foto-foto launching Baddawi di Chichago)

Dalam pernyataannya, awal April lalu, Leila, yang dibesarkan di Chicago dan Korea, mengatakan bahwa Baddawi bukanlah sekadar novel yang didedikasikan kepada ayahnya, melainkan juga didedikasikan kepada seluruh pengungsi Palestina di seluruh dunia. "Sebagai orang Palestina, itu adalah tanggung jawab kita untuk bertahan pada warisan dan sejarah kita. Sebab, itu sedang terhapus. Kita harus mengendalikan narasi kita karena itu adalah sesuatu yang sedang dimanipulasi. Kita harus mempertahankan identitas kita sebagai warga Palestina untuk melawan Zionisme dan pembersihan etnis. Bagi kita di shatat—warga diaspora—kondisi itu tidak hanya pembersihan etnis. Ini adalah penghapusan Palestina dari hadapan kita." Jika ingin mencicipi sedikit novelnya, dapat Anda baca di blognya.

Jejak Novel Grafis Palestina

Jejak novel grafis yang menggambarkan Palestina dapat ditelusuri kembali ke karya-karya paling terkenal, Joe Sacco dengan Palestine (1996), berdasarkan kunjungan dua bulan di wilayah itu pada 1991-1992. Seperti Abdelrazaq, narasi Sacco berfokus pada keseharian di wilayah pendudukan. Ia mengungkapkan tugas sehari-hari berubah menjadi perjuangan penting, penghinaan, dan frustrasi. Akademikus Ella Shohat telah menyatakan bahwa "peta, perbatasan, pos pemeriksaan, dan tembok pembatas kini telah menjadi ikon tanda tangan dari konflik Israel/Arab”.

Walaupun perbatasan tampak stabil, dibanjiri permukiman baru Yahudi dalam wilayah itu. Belum lagi,  ada “dinding pembatas bergerak”, kandang, dan "pos pemeriksaan di mana-mana". Sacco menangkap strategi politik kontrol spasial melalui gambaran realitas material sehari-hari; rumah, perjalanan bus, jalan kaki.

Sebagian besar adegan dalam buku Palestine adalah percakapan antara Sacco dan orang Palestina. Percakapan  padat, bernas, tetapi campur aduk itu mengungkapkan bahwa strategi spasial kurungan dan kontingensi bukanlah konsep yang jauh. Ketika avatar Sacco tidak melintasi pos pemeriksaan, ia mengamati peristiwa di dekat dinding atau pagar. Hampir setiap orang yang ditemuinya telah ditahan oleh pasukan Israel atau tahu seseorang yang telah di penjara Israel. Rumah yang Sacco gambarkan lebih merupakan "penampungan", karena mereka tunduk pada serangan, pembongkaran dan kerusakan melalui pendudukan dan kemiskinan.

Ia mengunjungi temannya Sameh di kamp pengungsi Jabalia, dengan rumah-rumah, terbuat dari logam bergelombang dan pintu dan jendela darurat. Sebuah penampilan sementara dan ala kadarnya. Di rumah temannya, atap bocor dan ada lampu di sofa, kesenjangan dalam struktur bangunan dan terkena kabel. Pada saat yang sama, Sacco menunjukkan suasana rumah tangga, mulai dari karpet, tanaman, dan lukisan. Ini mengungkapkan estetika interior paradoks yang berjuang antara sementara dan permanen.

Walaupun Palestine adalah deskripsi berurutan dari peristiwa selama Intifada Kedua, mewakili linearitas grafis baru yang khas, Sacco’s Footnotes in Gaza (2009) menantang aspek genre melalui gabungan panel yang bergantian antara masa lalu dan masa kini.

Misalnya, avatar Sacco  yang mencoba melakukan penggalian peristiwa yang terkubur di masa lalu Palestina. Novel ini berfokus pada dua hari di Gaza pada 1956 ketika orang Palestina mengatakan bahwa ratusan warga sipil tewas oleh pasukan Israel. Sacco menemukan hampir tidak ada yang ditulis dalam bahasa Inggris tentang pembunuhan ini, meskipun PBB memperkirakan hampir 400 orang tewas di Rafah dan Khan Younis. Sebuah pilihan yang luas dari kesaksian yang dikombinasikan dengan pidato dan dokumen resmi, tetapi sebagian besar 400 halaman terdiri dari kenangan eksekusi, bersembunyi, dan penguburan.

Peristiwa ini  disampaikan melalui repertoar emblematically sinematik Sacco dalam sudut pandang dalam satu halaman: zoom untuk close-up yang selamat dari pembantaian. Yang dia ingat dalam keputusan tegas antara masa lalu dan sekarang. Atau, menarik diri dari adegan eksekusi massal untuk memberikan perspektif tentang skalanya.

Walaupun kesaksian masa lalu ada dalam novel, resonansi pada saat ini memaksa Sacco menulis, "Kami menggali jauh di tahun 1956, tetapi kejadian sehari-hari menutupi temuan kami, sehingga lebih sulit kami untuk fokus pada lapisan dalam pertanyaan." Blok teks ini diatur bersama sebuah panel di mana seorang wanita tua terletak di ranjang rumah sakit, kakinya di-gips akibat luka yang ditimbulkan oleh pembongkaran rumahnya oleh bulldozer Israel.

Seperti Sacco’s Footnotes in Gaza, Waltz with Bashir oleh Ari Folman (2009), seorang pembuat film Israel dan mantan tentara, berusaha merekonstruksi dari memori episode traumatis terselubung, khususnya perang Israel-Lebanon di Beirut pada 1982 dan visi yang sulit dipahami dari pembantaian Sabra dan Shatila.  Dua tragedi ini diceritakan dari perspektif seorang tentara Israel.

Awalnya ini adalah film animasi, diadaptasi kemudian menjadi novel grafis. Walau kedua novel itu lintas ruang dan waktu—antara memori dan sekarang, mimpi dan hidup, pengalaman mencerahkan—dan memberikan tampilan dari peristiwa itu, Waltz with Bashir telah dikritik untuk menampilkan Palestina secara tidak jelas dan anonim, kurang individualitas dan suara. Itu melampaui ratapan kolektif para korban di kamp, ​​mereka dikeluarkan dari proses narasi.

Hal ini berbeda dengan Sacco yang panel pada dasarnya terdiri dari kesaksian individu, dengan wajah Palestina masing-masing ditarik unik, dan wajahnya sendiri digambarkan sederhana.

Guy de Lisle's Jerusalem: Chronicles from the Holy City (2012) adalah perjalanannya dalam bentuk grafik-novel yang memberikan pandangan dari sudut ekspatriat yang tinggal sementara di Yerusalem Timur yang diduduki Israel. Perspektif luar menerangi kesenjangan antara lingkungan Palestina di Yerusalem Timur, dengan kehidupan mereka sesungguhnya di jalan berlubang, tumpukan sampah, dan kurangnya trotoar. Lalu, novel grafis itu membandingkannya dengan jalan-jalan modern dan dikembangkan di daerah Israel.

The Novel of Nonel and Vovel (2009) oleh Larissa Sansour dan Oreet Ashey adalah novel grafis eksperimental yang menampilkan alter ego pencipta. Novel ini mengambil isu-isu narasi dan komposisi, seperti Sacco yang juga bergulat, ke tingkat yang eksplisit diri refleksif dalam beberapa panel pada satu halaman. Duo super-hero menarik kembali dari tindakan tempat mereka terlibat untuk mempertanyakan narasi mereka sendiri.

Film lain yang diadaptasi menjadi novel grafis adalah Irene Nasser’s Budrus (2013), berdasarkan dokumenter yang disutradarai oleh Julia Bacha. Ini mengikuti gerakan protes tak bersenjata di sebuah desa melalui mata Iltezam Morrar remaja 15 tahun, tapi sejauh ini hanya ada dalam bahasa Arab. Prancis juga telah menghasilkan berbagai novel grafis, seperti Gaza, un pavé dans la mer (2009), Les Chemins de traverse (2010), Faire le Mur (2010), dan Palestine, dans quel Etat? (2013) oleh Maximilien Le Roy, Torture Blanche oleh Philippe Squarzoni (2004), dan Les Amandes Vertes (2011) oleh Delphine dan Anaële Hermans.

Baru-baru ini, novel grafis telah mengambil peran lebih di Palestina; festival buku komik pertama diadakan tahun lalu. West Bank Stories: The Graphic Novel (2010), diedit oleh Rebecca Cox dan diluncurkan oleh LSM Project Hope, terdiri seluruhnya oleh pemuda Palestina; mudah-mudahan, itu tanda apa yang akan datang, dengan lebih banyak pekerjaan yang muncul dari Palestina sendiri. (http://projecthope.ps/organizational-news/west-bank-graphic-novels/)

Sebelum semua ini, meskipun, ada Naji Al-Ali, salah satu kartunis yang paling menonjol di dunia Arab dan satiris. Ia diusir dari Palestina beberapa kali, ditahan, disensor, jadi pengungsi dan akhirnya dibunuh pada 1987. Karya-karyanya sangat diwakili oleh Handala. Bercerita tentang bocah laki-laki yang kusut, berantakan, anak pengungsi bertelanjang kaki dari kamp-kamp, ​​yang berdiri dengan lengan terlipat di punggungnya, dan kembali berpaling ke pembaca sampai ia bisa kembali ke Palestina. Gambar ikonik ini tidak hanya bergema dalam karakter Ahmed, anak dari kamp pengungsi di Baddawi, tetapi juga pada sampul buku dikelilingi oleh pola bordir Palestina. Kita bisa melihat punggungnya berbalik dan tangan terlipat di punggungnya seperti di Handala. Ini  sikap menolak untuk pergi dari rumah. Konon, Naji al-Ali-lah inspirator utama Leila. (middleeastmonitor.com/facebook.com/barakabits.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home