Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:42 WIB | Kamis, 16 Juni 2016

Kemendikbud Usulkan Tambahan Anggaran Beberapa Prioritas

Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Kabinet Kerja periode 2014-2019, Anies Baswedan. (Foto: Dok.satuharapan.com/aniesbaswedan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, meskipun ada pengurangan pagu indikatif anggaran tahun 2017, namun pihaknya mengusulkan adanya tambahan pagu untuk beberapa hal prioritas.

"Meskipun ada penggurangan anggaran, kami mengusulkan adanya tambahan pagu untuk beberapa hal, seperti penyediaan sarana dan media pembelajaran," kata Anies pada rapat kerja dengan komisi X DPR di Senayan Jakarta, hari Kamis (16/6).

Lebih lanjut ia mengatakan, usulan tambahan pagu tersebut juga diusulkan untuk penyempurnaan kurikulum sistem perbukuan pembelajaran dan pendidikan.

"Kemudian untuk pemenuhan tunjangan profesi guru dan fasilitas sertifikasi guru," kata Anies.

Selanjutnya, tambahan anggaran itu digunakan untuk peningkatan pengelolaan museum serta pemenuhan kebutuhan gaji dan penyewaan gedung sekolah Indonesia di luar negeri.

"Ini untuk sewa gedung sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri, khususnya anak-anak tenaga kerja kita," kata Anies.

Sebelumnya beberapa anggota komisi X, mengaku kecewa dengan adanya penurunan pagu anggaran pendidikan.

"Kami sangat kecewa, kenapa pagu anggaran Kemendikbud justru turun lebih rendah dari kementerian agama, meskipun masih masuk 20 persen total APBN," kata anggota komisi X Yuniko.

Lebih lanjut ditambahkan, apakah penurunan pagu anggaran Kemendikbud ini terjadi karena kurang mampunya menteri dalam meyakinkan Bappenas.

"Masalah kemendikbud justru lebih banyak yang diurus dan sangat penting bagi kemajuan bangsa," kata Yuniko. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home